Materi SMK Multimedia

Berikut adalah materi dan tutorial untuk SMK jurusan Multimedia :

Sesuai dengan KTSP 2006.

  1. Teknik Penyiaran Dan Produksi Program TV, Film, Radio Jilid 1.pdf
  2. Teknik Penyiaran Dan Produksi Program TV, Film, Radio Jilid 2.pdf
  3. Alur Produksi Broadcast.pdf
  4. Animasi Komputer.doc
  5. Blog.pdf
  6. Etimologi Multimedia
  7. Animasi Komputer.doc
  8. Broadcast  news.pdf
  9. Kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja
  10. Lensa, Teknologi Lensa
  11. Major graphic file formats.pdf
  12. Menulis Program TV.pdf
  13. Membuat Narasi
  14. Pengenalan Multimedia
  15. Adobe Premiere Pro (Menyunting Video)
  16. Pengantar Multimedia
  17. Teks, Gambar dan Grafis
  18. Suara dan Audio
  19. Video
  20. Animation.pdf
  21. Adobe Photoshop CS
  22. Web Design
  23. Storage Media
  24. Setup dan Pengoperasian Video Dasar
  25. Menyunting Suara.pdf

Kurikulum

  1. Jadwal Kurikulum Multimedia 
  2. RPP Dasar-dasar Multimedia
  3. Silabus Multimedia

About these ads

171 Responses

  1. kur,,,
    apa ada buat teknik audio video…?
    balas ke email ya…
    o ya..thanks buat infonya

  2. Mungin lebih lengkapnya bisa di unduh di http://www.e-dukasi.net

  3. apa ada cara membuat web design yang lebih muda dan cepat ? bls ke email… thanks ya…..

  4. Ya pake Joomla… he..he.. googling aja : “bikin situs dengan Joomla”

  5. makasih ya boz, semoga aja kita-kita bisa ngembangin rpp-nya.

  6. aduh,,, mantap, datanya banyak yang ku ambil… jadi lega hati ini, soalnya data yang bapak kasih hilang semua. thanks

  7. tlg donk yg punya materi ttg Multimedia mengenai animasi Clean up , sisip dan bidang dasar

  8. Saya juga masih dilema tentang kompetensi tersebut, Pak Untung dapat buka tulisan berikut :
    http://kurnia.nireblog.com/post/2009/02/02/kompetensi-luar-biasa-multimedia-di-smk
    Variasi saya terlalu melepas diri dari Silabus, meski dengan tujuan yang sama. Hal ini karena di sekolah saya masih terdapat banyak kekurangan dalam hal peralatan produksi untuk mencapai semua kompetensi dari Silabus.

  9. thanks buat unduhan2nya.. salam kenal, saya dari jombang… Sebenernya mau banyak nanya tentang pembelajaran multimedia nih… Kalo anda bersedia, bales di email ya… saya tunggu..

  10. @nosecant : alamat email bapak apa?
    chat pake YM bisa juga, id : kurnia_yahya

  11. mas ada rpp multimedia gk kalo ad kirim ya plis ke emailku

  12. He..he…
    Belum ada, lagian besok juga disibukkan RRP baru kurikulum Spektra

  13. Eh salah, maksud saya spektrum

  14. Ass. perkenalkan nama saya vitra dari SMK Dompu NTB..kebetulan saya guru di IT tapi bidang saya di Network sama Design Web..Belum Ahli Di multimedia..dan kebetulan lagi di sekolah saya buka jurusan multimedia..dengan adanya blog bapak..saya sangat terbantu sekali..btw bisa gak kita hubungan lewat YM atau email.. mungkin banyak sekali yang mo saya tanyakan sama bapak..gak keberatan khan!! :)) ..
    Ohya.peralatan broadcasting di tempat bapak apa saja..? saya betul2 ingin belajar ..
    makasih atas kesediaannya …ok bravo untuk anda..pak

  15. @ Vita : Sudah kewajiban kita sebagai guru untuk saling berbagi… tul gak he..he..
    Namun saya rasa juga masih sangat minim utk materi Multimedia utk SMK. Saya biasanya ambil materi dari http://www.cybercollege.com/
    email / chat saya : kurnia_yahya@yahoo.com
    Thx

  16. ass. salam kenal buat bapak kurnia yahya, sangat beruntung bisa berkenalan dengan pak kurnia
    saya juga seorang instruktur multimedia. diSMK. tapi saya baru menginjak didunia multimedia. saya butuh banyak pengalaman dari pak. kurnia.

  17. materi multimedia di smk tu apa saja?
    tanks

  18. Semua materi mengacu pada silabus multimedia smk
    http://dl.getdropbox.com/u/320852/Silabus-Multimedia.zip
    Ditambah dengan materi2 pendukung juga lebih baik.

  19. Salam kenal Pak…. Saya memang pengin belajar multimedia…. Inilah blog yg saya tunggu2…. terima kasih banyak Pak… semoga Bapak mendapat balasan yg berlipat ganda atas kebaikan Bapak. cocok sekali buat ekstra di Sekolahan saya… Maju terus Dunia Pendidikan… Bravo Pak..

  20. Amin.. terima kasih kembali

  21. salam kenal. saya ramangsyah, bekerja di salahsatu kantor penyiaran milik pemerintah….tertarik sekali dengan modul2 yg anda buat. lain kali kita kita bisa share yang lain. ok.

  22. Wah, Pak Ramangsyah… kayaknya saya yg harus belajar ke anda… :)

  23. thank filenya mas. punya yang Prodi Audio Video yang sudah menggunakan kurikulum spektrum apa tidak?

  24. Gak ada mas, ini aja msh ngumpulin Spektrum Multimedia… sekalian bikin RPP yg nyentrik.. he..he..

  25. haiiiiiiiiiii…………………………….
    how are you………??????????????
    msh ingt ma aqu gk…………..???????
    tamplan blok km kok dr kmrn gni2 doank y,……….
    kok gk gnti2,,,,,,,,
    request tlong d prbarui donk…………………….
    thank…….
    from:marcia

  26. he..he.. skrg nulisnya kebanyakan di FB… jadi gak kerasan d rumah…. maaf.

  27. ass, pak punten saya ingin punya ktsp terbaru khusus untuk multimedia, administrasi untuk ketua jurusan, dan Khs untk siswa kelas satu, Wass.
    http://sitihotiah.wordpress.com

  28. untuk 2009, KTSP 2006 yang dianggap terlalu berat sekarang di ubah menjadi kurikulum Spektrum. Untuk multimedia lebih di rampingkan dan lebih tepat sasaran. Silahkan meluncur di http://kurnia.nireblog.com/post/2009/05/24/kurikulum-multimedia-spektrum

  29. salam kenal mas, terima kasih atas materi multimedia yang disajikan dan saya telah mengunduhnya (semoga jadi tabungan akhirat untuk mas kurnia).
    satu pertanyaan saya mas, kalo dilihat dari spektrum baru, kita tidak melihat editing video, apa sebaiknya kita tambahkan saja pada spektrum baru tersebut ? Sepertinya kita tidak bisa mengukur hasil karya siswa kalo hanya sebatas pengambilan gambarnya saja. terima kasih

  30. Memang demikian, untuk Adobe Premiere digunakan sebagai muara-nya, seperti halnya pada Adobe Flash. Untuk jam-nya dimasukkan dalam standar kompetensi no.14,15,16 dan 17.
    silahkan buka :
    http://kurnia.nireblog.com/post/2009/06/08/jadwal-kurikulum-spektrum-kompetensi-kerja-dan-materi

  31. thanks pak yahya, atas semuannya semoga tambah kaya

  32. Mas ku melu ngunduh data-nya yo…
    mo tak baca – baca n kalo seperti yang saya cari ya mungkin saya pake juga. Tx

  33. Alhamdulillah
    Terima kasih pak atas ilmunya semoga ALLAH memberikan rahmat dan berkahnya pada bapak

  34. wah sangat berguna pak. terima kasih. saya sangat ingin sharing dengan bapak. lewat imel boleh?

  35. wah sangat berguna pak. terima kasih. saya sangat ingin sharing dengan bapak. lewat imel boleh?

  36. salam kenal dari saya dan mari kita kembangkan dunia multimedia dan videografi di indonesia untuk semua

  37. @ Ghosty 1St : Boleh, silahkan pak
    @ Daennajah : Iya pak, kebetulan di sekolah saya juga ada pemancar TV lokal jangkauan 15km, tanggapan masyarakat lumayan, walaupun masih bergerak dengan meraba-raba. PR kita adalah bagaimana bagaimana memaksimalkan peralatan yang sederhana menjadi karya siswa yang luar biasa.

  38. Ass. pak kurnia salam kenal, kebetulan sekali saya menemukaan blog ini,karena saya baru menjadi guru multimedia di SMKN 2 Kota Tangerang. Dan belum mempunyai bakat menyusun RPP dll. Materi Kejuruan multimedia saja pun saya tidak tau. Maka dari itu mohon petunjuk nya… Oya, apakah silabus yang digunakan SMK itu sama semua dari sabng sampai marauke. Kebetulan SMK yang saya tempati sekarang merupakan SMk baru dirintis tahun ajaran ini 2009/2010 dan fasilitas pun masih minim, kalau boleh saya tau Fasilitas apa saja yang diperlukan dalam SMK jurusan multimedia saat ini…
    Misal :
    1. maslah spek kmptr yg ada di Lab (min. komp. yg ideal dalam lab berapa buah)
    2. Program apa saja yg dibutuhkan untuk SMK dan besaran biaya pembelian software tsb saat ini?
    kepsek meminta bantuan kepada saya maslahnya..
    Bisa tolong dijelaskan pak? via email saya atau YM
    ghema87@gmail.com
    planetta_ryclorboys@yahoo.com
    Sebelumnya terima kasih
    Wass

  39. Silabus adalah dokumen 2
    Sedang dokumen 1 adalah peraturan2 pendidikan yg g boleh diubah, seperti bagaimana cara mendidik dll..
    Di dokumen 2, adalah kompetensi minimal yg harus ditempuh siswa, namun beberapa sekolah msh tidak dpt memenuhi dikarenakan fasilitas belum cukup.
    1. Untuk spek, min P4 512mb tuk editing video. Saran saya monitor pake LCD aja. mahal didepan, murah dilistrik.
    2. Untuk program, lebih baik menyesuaikan dengan software yg digunakan di dunia usaha/industri. Lebih jelasnya ada di http://dl.getdropbox.com/u/320852/mm/Jadwal-Kurikulum-Spektrum.xls
    namun tidak menutup kemungkinan beberapa perusahaan juga memakai opensource. mengingat software windows sekarang juga dapat ditemukan kembarannya di Opensource. Seperti Inkscape, Blender, Gimp, Kine, dll
    Untuk pembelian closed source Microsoft , anda bisa hubungi komunitas MUGI setempat, biasanya lebih murah dibanding toko.
    semoga membantu.

  40. Pak Kurnia, saya baru aja resign dari kantor untuk terjun ke dunia pendidikan sebagai guru SMK. Awalnya jadi guru TKJ tapi siang tadi saya diterima juga sbg GTT di sebuah SMKN jurusan Multimedia.
    Oh ya, saya sebelumnya Graphic Designer di manufaktur alat pancing satu2nya di Indonesia (www.relixfishing.com).

  41. sedikit sekali pakar dari dunia industri yang mau terjun di dunia pendidikan. Latar belakang saya persis dengan anda, walaupun saya menekuninya saat sambil kuliah dulu. Hal ini dapat memberikan gambaran x-factor tentang bagaimana bekerja yg baik kepada siswa. Saya juga berhasil meracuni sesorang yang expert di 3D modeling dan Graph design untuk menjadi guru di SMK.Dan terbukti dia menjadi guru luar biasa di Sekolahnya…
    Selamat Pak Guru…

  42. Pak, ada materi mengenai alir proses produksi produk multimedia ga pak?
    dan bagaimana cra mengilustrasikan proses preproduction, production, post-production.buku yang pas apa ya??
    hehehe..maaf baru terjun ke dunia pendidikan..
    bisa kirim via email pak? ghema87@gmail.com
    trima kasih,,

  43. Ini yang saya garap sekarang menjadi Buku Mini + evaluasi siswa, sebenarnya ada keterkaitan juga dalam kompetensi :
    1. Etimologi multimedia
    2. Alir Produksi Multimedia
    3. Menyusun proposal penawaran
    4. K3
    Jadi mau saya rangkap juga…
    Jika terburu silahkan klik download dibawah ini :
    http://www.smkti-lmg.com/mirror/Etimologi%20Multimedia.pdf
    Juga situs yg berhubungan
    http://www.hivemanagement.com/content1/preproduction.htm

  44. Terima kasih pak kurnia … modul yg bapak berikan sangat membantu proses pembelajaran di sekolah kami ..

  45. pak tolongggggggggggg seeeeeeeeeeeekali materi mlutimedia yang sepekturm yaaaaaaaaaaa saya tungggggggu

  46. Terima kasih atas sharingnya. Semoga kebaikan Anda dibalas oleh Allah SWT. Amiin

  47. assalamu’alaikum bang yahya,
    matur thanks sy mendownload materi untuk audio ya. semoga jadi amal jaryah.
    kalo bisa kirim email ya.
    wassalam

  48. @Agus: Wa’alaikumsalam
    Sudah tertambah, no.25.

  49. google ko isine kurnia yahya tok!!!

  50. cari materi multimedia ketemune kurniya yahya lagi!!!!!!

  51. Nih, kehebatan SEO dari nireblog he…he…

  52. Assalamualaikum ..
    Saya mohon ijin nya meng unduh materi Etimologi Multimedia untuk pemelajaran Multimedia di SMKN 2 Jambi … semoga materi ini bermanfaat buat siswa di SMKN 2 Jambi .. Terima Kasih sebelumnya ..

  53. @ Ariyandi : Silahkan pak.., terima kasih-nya buat penulisnya saja he..he..

  54. salam kenal pak yahya… ada nggak yah RPP multimedia yg lengkap atau untu kls 3 deh. Klo untuk kls 3 kan blm pake spektrum baru itu(khusus thn ini). tolong ya pak… klo ada dikirimin ke emailku: slny saya guru baru nih, n ga ad tempat bertanya / share. thanx banget

  55. Salam kenal dari saya fathul, saya ngajar di smk seperti bapak, mohon ijin untuk unduh filenya. Thank

  56. @Lina : Iya, belum ada bu, untuk klas 3 untuk saya sendiri materinya agak nyampur.. demi mempersiapkan UKK (kalo ada) dan Tugas Akhir. semua kompetensi dipertaruhkan disini.
    @Fathul : silahkan.. Global Public Lisence… :)

  57. selamat siang dan salam kenal bapak kurnia. saya johan dan kebetulan saya juga mengajar di salah satu SMK di kota SOLO jurusan multimedia.saya agak kesulitan mencari modul untuk merawat peralatan multimedia. kalo bisa mohon dibantu dan terimakasih juga untuk silabusnya sudah saya download.salam sukses

  58. Dalam silabus, Untuk KD yang 1 bisa didapatkan di manual book kamera.
    Untuk KD yang 2 membuat kartu khusus untuk informasi keadaan alat multimedia, antara lain bateray, kabel, dan yang utama kaset. bentuk kartu-nya variatif.
    Yg KD ke-2 belum saya terapkan disiswa, namun saya sudah menerapkan di Usaha Shooting saya. biar gak bingung aja saat produksi berlangsung. Hal ini dilakukan saat prepare produksi… biasanya saya membutuhkan waktu 2 jam untuk prepare n pack sebelum berangkat produksi.

  59. Thanks ya mas….atas bantuannya….

  60. Terima kasih telah bersedia berbagi. Allah pasti akan mencatat amal baik Anda. Saya sangat oleh blog yang Anda buat. Saya juga mengajar di Multimedia, tapi berhubung saya tergolong generasi jadul, jadi saya sering telat dalam banyak hal.
    BTW, KTSP terbaru, dg panduan SKKD dari Direktorat, mengalami beberapa perubahan. bagaimana Anda menyikapinya? Saya memilih menggabung beberapa kompetensi sesuai yang ditawarkan pada KTSP terbaru dengan beberapa kompetensi yang terdapat pada kurikulum Multimedia 2004. Walaupun agak repot juga, seeh.

  61. hai perkenalkan,a` dari smk 1 pacitan.
    g5na cra bljr multi media agar lbh mudah????

  62. hi…………. mf ggu .. tnya sl gmna cra mnjadi seorang mltimedia yg skses dong ??

  63. @ Feby : Buatlah karya, walaupun yang anda kuasai hanya sedikit. Maksimalkanlah menjadi sebuah karya.
    @ Naning : Saya belum sukses di multimedia, namun saya sudah bisa menjual dengan nominal wow (kata temen2).
    Sebenarnya analisis pre-production yg bikin mahal, ditambahi faktor-X dalam Marketing dan Presentasi ke klien.

  64. ass,
    mas apa aja seh keuntungan multimedia???
    thank,,,
    wassalam.. konfir di FB yauu…

  65. Multimedia + technopreneurship = kaya raya
    Yang kata kedua bung Romi ahlinya

  66. pak minta tolong kirimin saya RPP multimedia mata pelajaran:membuat animasi stop motion, membuat gambar clean-up dan sisip, membuat gambar kunci animasi.balesan sangat saya harapkan untuk kelancaran pembelajaran di sekolah kami SMK N 1 Sukasada.terimakasih

  67. @ nyoman : RPP 3 kompetensi itu masih butuh penyesuaian lbh lanjut… kalo pingin sederhana, silahkan bapak kembangkan sendiri dari Silabus,

  68. Pak,
    Si Surabaya dimana ya SMK yang punya Prodi MUltimedia

  69. brow pinter2 salut aq, trims atas materinya aq udah ambil brow. trims banyak. muu…ah. gemes aq. ha…..5x

  70. tx, alot mr. for given
    semangatmu membangkitkan anak negeri masih “45″

  71. aslm.pak
    salam kenal, saya ike dan mengajar multimedia di smk, kebetulan saya juga merangkap jadi ketua jurusan, tapi saya masih bingung pak, bagaimana program kerja dari ketua jurusan multimedia, sementara buat perangkap mengajar saja masih tahap pengembangan, klo ada contoh proker ketua jurusan tolong kirim ke email saya pak, terima kasih

  72. Pak, ada materi mengenai alir proses produksi produk multimedia ?
    dan bagaimana cara mengilustrasikan proses preproduction, production, post-production.buku yang sesuai apa ya?
    maaf saya baru terjun ke dunia pendidikan jadi bingung. minta bantuannya.
    bisa kirim lewat email pak? Mukhlash@ymail.com
    terima kasih,,

  73. Already sent..!!

  74. Pak, ada materi mengenai alir proses produksi produk multimedia ?
    dan bagaimana cara mengilustrasikan proses preproduction, production, post-production.buku yang sesuai apa ya?
    maaf saya baru terjun ke dunia pendidikan jadi bingung. minta bantuannya.tlong di k nmr email saya pak.di afandiclub@gmail.com
    mkch y pak

  75. Pak, ada materi mengenai keamanan sistem jaringan dalam server ?

  76. Maturnuwun sanget pak kurnia telah berbagi ilmu dg kami2 yg masih awam.
    Kalo untuk materi menyusun proposal penawaran sudah ada belum pak? saya mau minta pak, terima kasih sebelumnya. (chuszie@yahoo.com)

  77. Menyusun Proposal Penawaran belum ada Pak…
    Kalau saya memang pengalaman pribadi yang saya ajarkan pak… dari setor proposal > presentasi > deal awal > produk alpha > hingga finish (pembayaran)
    Tapi belum terdokumentasi dengan baik.
    bikin buku ya belum kelar2 untuk alir prosesnya juga.. he..he..
    Ada baiknya jika guru kewirausahaan atau penjualan (pemasaran) ikut nimbrung..

  78. pak saya minta materi merawat peralatan multimedia secepatnya. terimakasih

  79. Selamat malam pak, Saya guru multimedia SMK di denpasar, mohon bantuanya pak untuk mendapatkan modul/bahan ajar Memahami Etimologi mutlimedia dan Memperbaharui isi halaman web, saya sangat butuh modul ini pak. mohon bantuannya. terimakasi.

  80. @Kuldesak: Bapak sudah gabung di group MGM online guru TKJ & Multimedia di Facebook belum? Jika blm, buruan gabung dan lihat alamatnya di front page blog ini Jika sudah, kalo ga salah saya di sana pernah posting tentang link download e-book gratis ttg sejarah Design Grafis. Lumayan untuk pelengkap & memperkaya wawasan ttg Etimologi MM.
    Ttg memperbaharui Isi Halaman Web sebaiknya bapak mengajarkan dasar2 HTML dan CSS dulu ke anak2, lalu lanjut dengan pembahasan pembuatan web menggunakan CMS. Seperti WordPress, Joomla! atau yang lebih rumit lagi, Drupal. Kalau mau yang paling mudah ya Blogger, tp Blogger sepertinya pengetahuan ttg ngeblog ya? Kalau pengetahuan ttg how to develop a web site ya sebaiknya basic HTML+CSS lalu lanjut ke CMS.

  81. Yup.. gabung di MGMP, lebih kaya share… n gak usah takut dilihat murid.. he..he.. soalnya keanggotaannya melalui validasi admin lebih dulu..

  82. aslmkm. pak boleh minta contoh proposal pre production gx?? tolong kirim ya pak
    sebelumnx terima kasih banyak

  83. Salam kenal Pak, saya kepala smk pgri yg punya prog multimedia dan saya buka blog pak kebetulan ada materinya maka saya copy, utk itu saya sangat berterima kasih dan mohon maaf, yg jelas kebaikan bapak selalu saya ingat bila perlu bapak terus berinovasi dibidang IT. Terima kasih. Sutarsa SMK PGRI Amlapura Bali

  84. Saya udah bergabung pak. Terimakasi atas pencerahannya.

  85. salam kenal pak,nama saya fuad, dan kebetulan di percayai mengajar, Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian multimedia,itu apa memakai corel ?terima kasih pak sebelumnya

  86. ada contoh soal ujian multimedia tahun kemaren atau soal-soal tentang multimedia

  87. Sudah ada d posting sy. Monggo d download

  88. terima kasih atas ilmunya
    zogakurniawan.co.cc

  89. assalamualaikum wr,wb
    pa sayaminta izin mau mendowlod materi multimedia

  90. assalamualaikum wr.wb pa saya dari smk multi media minta izin tuk meng dounloud pelajaran dari bapa tuk kemajuan yang lebih dari bapa??????????^_^

  91. Ass.pak saya dr SMK Multimedia Sukabumi,mau mnta izin mendownload materi dari pak kurnia,terimakasih.

  92. pak saya murid smk multi media al-masthuriyah dri sukabumi…..
    pak saya mau ijin downlod bahan ajaran bapak blh kan pak……

  93. assalamualaikum wr.wb`
    pak saya murid smk multimedia“ dri sukabumi…!!!
    saya mau minta ijin mendownload materi ajaran dari pak kurnia,,,,,terima kasih
    wassalamua`laikum wr.wb

  94. pak saya murid smk multimedia sukabumi
    pak saya mau ijin downlod bahan ajaran bapak
    boleh kan pak

  95. ass..
    salam kenal…
    pak,
    saya anak smk jurusan mulimedia di sukabumi..
    saya sedang mencari bahan materi yang diajarkan. Kebetulan sekali saya membuka blog bapak. Materi yang saya butuhkan ada . Maka materi tersebut saya copy. Untuk itu saya sangat berterima kasih dan minta maaf. kebaikan bapak akan selalu saya ingat .
    semoga bapak dapat terus berinovasi dalam bidang IT.
    Nirma ziyan

  96. sukses bwt pak kurnia.

  97. ass….
    pak saya anak multi media sukabumi,saya mau minta izin mencopy materi bapak karena materi bapak sangat membantu saya dalam belajar.
    sebelumnya saya mengucapkan terimakasih.

  98. ass.wr.wb
    pak, saya salah satu murid Smk multimedia Al-masthuriyah sukabumi,
    minta ijin untuk men-download materi-materi multimedia.
    trimakasih.

  99. ass.wr.wb
    pak saya murid multimedia al-masturiyah sukabumi .
    ingin men-downlod materi-materi multimedia yang ada di web ini .
    terimakasih..

  100. Ass wr. wb
    pak saya murid smk multimedia al-masturiah kota sukabumi minta izin men-downlod materi-materi multimedia yang ada di web bpk,boleh kan pak,,,,???
    terimakasih,,,

  101. assalamualaikum wr.wb pa saya dari smk multi media minta izin tuk meng dounloud pelajaran dari bapa tuk kemajuan yang lebih dari bapa??????????^_^

  102. ass…
    pak saya anak smk jurusan multimedia di sukabumi.
    saya minta izin untuk men-downlod materi-materi bapak untuk membantu saya dalam belajar…
    sebelumnya saya mengucapkan terima kasih….

  103. Ass
    Pak,, saya murid smk multi media,, minta izin untuk men-download materi multi media yang ada di web bapak.
    Terimakasih..

  104. asss .pak kurnia saya mau minta ijin meendonload materi dari bapak.terima kasih

  105. Penggemar pak Kurnia nambah lagi nih… kali ini dari kalangan ABG.. Hehehe… selamat, selamat ye… :-)

  106. askum..
    salam kenal tuk mas kur,
    aku juga guru smk ngajar kkpi n multimedia karena jurusan entu baru…aku masih ragu tuk melakukan model pembelajaran yg sesuai…jadi dgn kata lain thanks banget tuk semua artikel yg ada… entu semua dapt mbantu aku n teman2 semua.

  107. bagus….. pertahankan….

  108. salam kenal…,www.ismuromdhoni.co.cc

  109. salam kenal
    aku guru kkpi dan sekolh kami baru buka prodi multimedia sekarang aq izin untuk donload materi mutimedia maksih atas bantuaanya

  110. Mas tolong banget, di tempat saya baru buka program Multimedia,guru yang bisa komputer dah banyak (photosop,corel,3dmax,flash dll)cuma masih bingung program-program tsb masuk kompetensi mana dari 18 kompetensi kejuruan(kur 2009),tolong sekali saya dikirimi email penjelasan 18 kompetensi program apa yang dipelajari dari setiap kompetensi, trimakasih banyak, pertolongannya kami tunggu

  111. waah,.. saya merasa lega tlah menemukan blog ini,.. soalnya saya dahulu dari jur. multimedia,.. jadi bisa mengenal lagi pelajaran dahulu,.. maaf ya saya ambil sedikit berkasnya,.. terimakasih…..

  112. @ Rohmat : Mohon dievaluasi juga Mapping Multimedia ini. Ini berdasar rapat MGMP dan pedoman juga banyak dari situs luar.
    @ Acep : Banyak juga silahkan pak… thanksnya ke teman2 aja… soalnya banyak source dari luar juga.
    Thanks to 2,3 Gg dari Dropbox juga

  113. pak kalo waka kejuruan apa aja yang mesti saya kerjakan…..

  114. salam kenal
    ok juga untuk berbagi ilmu,minta rpp multimedia lengkap donk kirim ke email saya
    wanto_agmi@yahoo.com
    ma kasih banyak sebelumnya

  115. terima kasigh atas kirimannya ya, minta tolong lagi kirimi administrasi ketua jurusan multimedia
    terima kasih sebelumnya

  116. Administrasinyta apa aja ya…? saya belum pernah jadi kajur pak he.. :) coba melalui ini saja :
    http://kurnia.nireblog.com/post/2010/06/18/mapping-minggu-efektif-pembagian-jam-dan-materi-multimedia
    kemudian silahkan dikembangkan sendiri.

  117. waaahhhh..thanks bgt modulnya pak….minta bimbingannya pak tahun ini smk saya mau buka prodi multimedia masih merangkak…minta masukan dan bimbingannya boleh kan…hehe

  118. Silahkan pak, sama2 memberi masukkan dan memberi ide2 baru untuk pengajaran… sering2 kunjungi groups mgmp di FB,, banyak pakar disana he..he,,

  119. Mas saya mau tanya kalau materi >>> Menguasai cara meng gambar clean-up dan sisip 10 Menguasai cara meng gambar clean-up dan sisip

  120. Salam kenal dari SMK Kesatrian Purwokerto pak guru. terima kasih atas sharing ilmunya. semoga bermanfaat bagi kami.

  121. pak punten saya download materi2nya, terima kasih banyak

  122. pak saya siwa smk jurusan multimedia….
    saya lagi bingung coz, saya butuh soal2 multimedia…
    apa bapak punya????

  123. assalamualaikum???
    bang perkenalkan saya anak baru tamat smk di bungo – jambi. lansung ditugaskan membantu sekolah mengajar tapi saya bingung karena ilmu saya masih tidak cukup untuk diberikan pada orang lain jadi gimana?? buku atau bahan yang diajarkan juga aku gak punya…
    kalo bisa bang saya minta dukungannya baik saran maupun ilmunya

  124. salamkenal dari saya,
    bang aku kesulitan dengan buku mata pelajaran efek cahaya foto ada ga’ ya

  125. tlong dunk cariin silbus pemasaran.

  126. thanks, buat materinya dari sekian lama nyari akhirnya dapat juga, bravo dunia multimedia

  127. good ide…thanks,,,tolong kirimin penerbit yang menyediakan buku smk mm ke email saya,,,thanks a gain

  128. pak q kesulitan mencari modul smk jurusan multimedia kls 1 dan 2 tolong kirim ke email q ya trims

  129. thx tu materinya pak….!!! kembangkan truz…! pak tolong minta meteri tentang memahami cara penggunaan tata cahaya. mkasi….

  130. Maaf, jarang update.. :)
    uploading in progress untuk semua materi & RPP..

  131. Terima kasih bnyak Mas….
    sangat membantu sekali File file nya…
    Nb: klo ada file2 yang membahas tentang program : AVID MEDIA COMPOSSER dan FINAL CUT PRO… boleh dunk mas… upload,,,, biar saya dowload lagi,,,
    Makasih bnyak…. yah” Mas…

  132. @ Armansyah : jenengan bisa kunjungi http://forum.chip.co.id
    Subnya Video Editing. disitu banyak pakar avid seperti sarashlm, 7th heaven, monos, dll..

  133. Kami dari SMK Negeri Kubu Bali
    Minta bantuannya,
    kami mau membuka jurusan smk multimedia yang masih ada kaitannya dengan seni, kira -kira sama ya dengan kurikulum yang bapat berikan diatas, dan apa saja program pendukung lainnya sehingga kami bisa membuka jurusan smk multimedia yang berkaitan dengan seni.
    terima kasih atas bantuannya
    ttd
    kepsek smk

  134. terima kasih ya pak
    sangat membantu file-filenya

  135. ass,
    pak saya minta tolong, saya mencari panduan atau contoh untuk program kerja tahunan dan 4 tahunan sebagai kaprog tkj nggak dapet2, mungkin bapak bisa bantu saya, terimakasih
    wass,

  136. @ Bpk Kepsek : Untuk Multimedia Spektrum disini dan ini
    @ KEvin : sama-sama pak, maaf blm lengkap… :D
    @ inDratadi : Sya belum tahu pak, mungkin ini dpt membantu : kurikulum

  137. Pak saya minta dikirim materi : Menyusun proposal penawaran, Menguasai dasar animasi op-motion (bidang datar)

  138. Pak saya minta dikirim materi : Menyusun proposal penawaran, Menguasai dasar animasi op-motion (bidang datar). email aja ke : nawangprasista@yahoo.com

  139. Komentar saya cuma satu: MATUUUR NUWUUUUUUUUUUN
    SANGEEEEEEEEEEEET untuk membuka cakrawala berpikir saya sebagai guru MM yang butuh pegangan dasar pembelajaran MULTIMEDIA

  140. pa tlong minta rpp Multimedia dgan Mudol nya.

  141. terima kasih ya allah atas wasilah dari pak kurnia yahya, bahan-bahan ajar utk jurusan multimedia dapat di gunakan..trima kasih pak

  142. wah, hebat pak Kurnia. aku jadi sadar kalo kuliah ndak harus yg favorit kayak ITS, itb, ui, dll. Kuliah di UNisla lamongan udah cukup, klo dia kreatif & belajar tekun.

  143. assalamulaikum..
    salam kenal saya guru baru di SMKN 2 cimahi mengajar multimedia. Klo grup FB guru multimedia apaan pa?
    sy ngajar editing video dan teknik pengambilan gambar.mohon bantuan tuk RPP nya.bisa dikirim ke zakariatea@gmail.com dan zachovic99@yahoo.co.id.YM pak Kurnia dah aq add pa.smg ke dapan bs chatting.Usulan..pak kurnia buat forum chat biar bs kopdar..siap pak?
    Terima kasih.
    note : salam tuk guru tkj dan multimedia di seluruh indonesia.
    MERDEKA….

  144. tolong kirimi materi modul multimedia lingting pencahayaan
    pak?kifim lwt email jg ngak apa2 pak???tak tunggu pak
    salam kenal dari saya….

  145. Untuk lingting pencahayaan, saya memakai buku dr Andi : Teknik Modern Fotografi Digital,
    silahkan ini juga :
    http://www.minrec.org/pdfs/Advanced%20Lighting%20Techniques.pdf
    http://www.google.com/search?q=lighting%20technique&tbs=vid:1

  146. asskum pak???
    slam kenal dlu dri ana.
    alhamdulillah ana sekarang bisa dpt tempat curhat masalah multimedia niiiii……..
    ana bingun pak soalnya ana tamatan multimedia di SMK N1 Muara bungo – jambi.
    ana sekarang alhamdulillah udah bisa mengabdi di sekolah mengajar multimedia…
    tapi pengetahuan ana baru dikit pak…
    kapan-kpan boleh ana bertanya pak???
    ana bingung buat selabus untuk jurusan multimedia…
    pak bantu ana pak ???
    makasih ya pak sebelumnya
    salam kenal pak saudaramu afriadi di Bungo – jambi
    wasalamualaikum wr. wb……

  147. @ Pak Afriadi : Silahkan email atau pm d FB lebih saya baca he..he..
    untuk awal bapak bisa lihat : disini download apa yang ada. pelajari yang kurikulum.

  148. pak tolong ya low ad materi, rpp, dan silabus tentang tata cahaya dan alur proses produksinya. mkasi….leh krim ke email saya.

  149. Thank’s

  150. tolong donk mas’ klo damateri tentang mengelola isi halaman web untuk SMK kelas 1 n

  151. pak saya mnt tlg mnt modul + soal latihan produktif SMK MULTIMEDIA yang sama dengan silabus dan RPP, adapun materinya adl :
    1. Merakit Personal Komputer
    2. Melakukan Instalasi Sistem Operasi Dasar
    3. Memahami Etimologi Multimedia
    4. Mendesain Halaman Web
    5. Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam Desain komunikasi visual untuk multimedia
    6. Menguasai cara menggambar kunci untuk Animasi
    7. Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip
    8. Menguasai dasar animasi stop-motion (bidang datar)
    9. Menggabungkan teks dalam sajian multimedia
    10. Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian multimedia
    11. Membuat story board aplikasi multimedia
    12. Menerapkan efek khusus pada objek produksi
    13. Menerapkan Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja.
    sebelumnya saya ucapkan banyak2 terima kasih atas bantuannya.

  152. ikut ngunduh om…. ané br niy d bidang niy…. pngen blajar….

  153. trima kasih ilmunya…

  154. Blhkah anna mngnl bpk..

  155. Mas kurnia yg baik, untuk jurusan MM .. apakah siswa diajari mendiasain kemasan / packing ? bagaimana dengan pengalaman anda sbg guru untuk hal ini.
    Sungguh .. saya sangat apriceate dgn anda yg menyempatkan mengunggah materi bidang yg anda tekuni, semoga ini menjadikan mas kurnia tambah rejekinya dan ilmunya …
    Tetep semangat dan jangan berhenti untuk berbagi …..
    Salam dari Jogja

  156. mas….untuk materi proposal penawaran ga ada ya?

  157. hai semuanya semoga sukses dalam mencari dan mendownload

  158. Maaf pak kurnia atau rekan2 yang ada disini.

    Ada yang punya silabus dan RPP untuk Teknik Broadcasting SMK tidak?
    Klo ada saya minta dong.
    Emailkan ke DosenGilaIT@gmail.com
    Sebelumnya terima kasih buat semuanya.

  159. alamat smk multimedia dmna yaa ????

  160. aslm,

    pak nur, syaa ad ym boleh khan pak

  161. assalamualikum kak, ini saya adik kelas dari STT STIKMA MALANG.
    kebetulan saya sedang ikut bantu2 di smk daruttaqwa.
    ada saran nggak buat saya, rencananya saya mau bikin mulok desain web dasar (kelas 1) dan mulok desain web database (kelas 2) untuk jurusan tkj. terimakasih…
    oh, ya, btw, selamat menjalankan ibadah puasa ^_^

  162. wah jarang sekali ada guru yg mau berbagi ilmu seperti Anda… terima kasih banyak pak untuk materi dan infonya. sangat membantu … saya seorang guru di sekolah multimedia yg baru berdiri. sangat2 banyak materi yg harus dipelajari. blog Anda sangat membantu. thx u and God bless

  163. Ini materi nya berlaku sampai tahun berapa ?
    apa di tahun 2013 masih berlaku ?

    mohon balasan nya, terima kasih :)

  164. Bermanfaat..

  165. pak ini materi masih masuk kurikulum 2013 kh pak??
    tolong jawabanya ya pak… makasih:)

  166. Wah, benar-benar bermanfaat & salut atas berbaginya
    Salam http://www.hendihen.com/index.html

  167. apa saja yang diajar kan dalam multimedia??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 26 other followers

%d bloggers like this: