About

kurnia yahyaSaya seorang guru komputer di SMP, SMK dan Universitas. Di luar sekolah saya biasa ngedit Video, merekam anak band, bikin web dan serabutan desain grafis. Alhamdulillah, modal Multimedia saya juga dapat saya tularkan di SMK Prodi Multimedia. Portfolio saya silahkan kunjungi kurnia.carbonmade.com

Blog ini semoga bermanfaat.

One Response

  1. Dear Pak Kurnia Yahya,
    Merujuk dari tulisan anda dengan judul “Alir Proses Produksi Produk Multimedia”, pada Bab 1 tentang “Etimologi Multimedia” dimana anda menulis bahwa multimedia adalah gabungan dari banyak media dan anda menggambarkan bahwa multimedia adalah gabungan dari Video, Animation, Text, Interactive, Image (barangkali yang anda wakilkan dengan gambar camera photography) dan Music.
    Mungkin anda bisa menuliskan merujuk dari mana penulisan tersebut, karena menurut buku “Multimedia Making It Work” (Tay Vaughan, McGraw Hill, Seventh Edition), disebutkan bahwa, “Multimedia is any combination of text, art, sound, animation and video delivered to you by computer or other electronic or digitally manipulated means.” Penjelasan tersebut secara jelas tidak menuliskan bahwa ada komponen interactive dalam defenisi multimedia. Tidak semua produk multimedia harus interactive, tapi bukan berarti multimedia tidak bisa menjadi interactive media. Sekali lagi dalam bukunya Tay Vaughan menuliskan, “When you allow an end user – also known as the viewer of multimedia project to control what and when the elements are delivered, it is called interactive multimedia”.
    Jadi dapat disimpulkan bahwa interactive dapat menjadi bagian multimedia apabila ada peran control dari end user terhadap sebuah multimedia.
    Dalam hal ini saya bukan hendak menggurui anda tapi penulisan anda dalam blog ini dapat dijadikan rujukan dalam sebuah penulisan ilmiah dan penulisan rujukan yang salah dapat mengakibatkan pemahaman yang salah pula. Tentunya sebagai seorang pendidik yang berpengalaman dalam pengajaran anda tidak menginginkan anak didik anda melakukan kesalahan.
    Saran saya ada baiknya anda meralat penulisan tersebut dengan memberikan referensi penulisan seperti pada penulisan anda yang lainnya. Sehingga diharapkan nantinya anak didik tidak salah dalam pengertian dasar multimedia yang bisa mengakibatkan efek domino kedepannya.
    Terimakasih,
    Hormat saya, andreas takdare

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: