Kompetensi Luar Biasa Multimedia di SMK

Terdapat 3 kompetensi yang saya rasa sangat-sangat berat di Sekolah Kejuruan Prodi Multimedia :

1. Membuat Gambar Kunci untuk Animasi
2. Membuat Gambar Clean-up dan Sisip
3. Membuat Animasi Stop Motion (Bidang Datar)

Substansi ketiga kompetensi diatas adalah dalam kategori Pra Produksi. Di dalam fungsi sebuah storyboard, adalah bagaimana kita dapat memanajemen sebuah produksi dengan akurat. Menyampaikan ke bagian produksi yang hasilnya dapat diharapkan sesuai dengan imaginasi seorang director ataupun orang-orang “above the line”.

Perkembangan didunia komputer sangatlah pesat dalam hal ini,berbagai macam software sudah mampu membuat gambar kunci kamera (storyboard) beserta artis dan ornamennya secara instan. Salah satunya yang saya gunakan sebagai acuan adalah software FrameForge 3D. Namun saya rasa juga sangat berat juga untuk dilakukan di lingkungan siswa SMK meskipun berlabel instan.

Jika siswa dapat menguasai software ini, maka ketiga kompetensi diatas dapat tercapai, bahkan bisa lebih.., mulai dari gambar kunci, penataan kamera, set lokasi, dan sebagainya sehingga tingkat keakuratan apa yang diimpikan (dikonsep) oleh seorang Director dapat terealisasi dengan tingkat reduksi kualitas yang kecil. Dapat dibayangkan jika seorang kameramen tinggal lihat preview (termasuk arah kamera secara dolly ataupun tilt). Sutradara gak bakal bentak-bentak lagi tentang apa kemauannya.
Untuk lebih jelasnya software ini, silahkan kunjungi

http://www.frameforge3d.com/pitch-page.php

Hingga kini saya masih menggunakan cara kuno “Shot List” sebagai panduan produksi video atau film buat siswa SMK. Namun lebih mengena ke siswa karena kemudahannya walaupun hasil jauh dari impian si director. Yang penting jalan dulu. Kesulitan terbesar adalah soal biaya, maka dari itu saya menggunakan metode seperti ini.
Metodenya adalah :

1. Presentation Session :Siswa mengajukan proposal produksi secara simple yang terdiri dari latar belakang, tujuan, sipnosis dan yang utama adalah Biaya.Memakai slide diproyeksikan dan akan mendapat komentar baik dr siswa lain maupun guru. Jika ACC, maka ke tahap 2.
2. Full Script : Siswa mengumpulkan script secara penuh, kayakcerpen atau bahkan novel.Jika acara non drama maka cukup daftar sesi
3. Camera Shot List : Menentukan angle dari kamera, suara dan set designer-nya. List ini sesuai dengan sekuen alur cerita
4. Pembagian shot list berdasarkan lokasi, soal hari di cerita dapat dimanipulasi.

— Jalan ama casting pemeran, ijin lokasi, peralatan dll —
— Kemudian produksi, dll.. —
— Terakhir adalah editing sesuai dengan list alur cerita —
Saya telah mencoba 3 buku yang gagal dicerna siswa SMK yakni 2 buku dari sesepuh TVRI dan 1 buku keluaran penerbit terkenal asal Jogja.
3 Blog dari Dosen komunikasi juga terlalu teoritis banget…
So…. show must go on..
Untuk RPP-nya, maaf… nyusun belakangan aja.🙂

Updated :Software ini dapat digunakan sebagai pengganti storyboard.

39 Responses

  1. terima kasih atas informasi tentang MM, ada nggak program RPP MM pak. jika ada tolong dong kirimin … maaaf trim’s

  2. http://sitihotiah.wordpress.com
    pak kalau bisa tolong kirimi saya administrasi yang lengkap untuk ketua jurusan smk multimedia, terimakasih

  3. tanks pak atas komentarnya!!!! saya juga mitna tolong kirimin administrasi lengkap soalnya saya kajur baru, terima kasig banyak .

  4. Mas ni saya putra
    klu bisa saya juga dikirimi administrasi lengkap kajur multimedia yaa mas
    terima kasih banyak

  5. pak saya tlg ksh modul tenteng multimedia yang lengkap, makasih loh pak atas bantuannya

  6. pak tlong bantuanya saya sedang mengajar mata pelajaran “Memahami alir proses produksi produk multimedia” saya belum begitu paham tentang materi ini bapak bisa memberi materi ini gak mhon bantuannya…
    “terima kasih”

  7. @ Wirawan : Silahkan tinggalkan alamat email, akan saya kirim. Sebenernya belum bisa saya ekspos, karena akan saya jadikan sebuah buku…

  8. maaf mas…
    mas pake original software…???
    atau versi demo…???
    mohon bantuan rpp nya mas…..

  9. @ Rizaru : Sementara saya asih belum pake, hanya coba2 n belum saya terapkan di murid. Harganya Ver.Pro=US$599.00.

  10. saya bingung banget nie…2 dari 3 kompetensi diatas saya yang ngajar……
    tapi saya sendiri makin bingung….
    tolong kirim source nya dong….
    b.inggris juga gpp…
    please……….

  11. pak tlong bantuanya saya sedang mengajar mata pelajaran produksi Multimedia. saya belum menemukan materi-materi yang sesuai dengan RPP. tolong bantuannya kasih materi yang sesuai RPP.
    email saya joen_add@ymail.com

  12. salam kenal pak Kurnia! saya seorang pengajar baru di bidang Multimedia! saya masih bingung dengan materi2 :
    1. Membuat Gambar Kunci untuk Animasi
    2. Membuat Gambar Clean-up dan Sisip
    3. Membuat Animasi Stop Motion (Bidang Datar)
    bisa tolong dibantu untuk bahan2 materinya pak?
    tolong kirim ke email saya : iman.madjid@yahoo.com m(_ _)m

  13. @ Iman : Tadi siang beberapa Kajur MM di Forum sepakat untuk ketiga kompetensi tersebut menggunakan 3D Max bisa juga pake Maya.

  14. pak Kurnia… jujur nih,saya sendiri masih bingung sama pengertiannya Gambar sisip dan gambar clean-up itu apa,yang mana… apa sama dengan gambar Kunci?
    (-_-!!)

  15. 1. Membuat Gambar Kunci untuk Animasi
    ini yang masih tanda tanya.
    ada dua persepsi, a. Hanya membuat rancangan animasi
    b. Membuat animasi dari software 3D
    2. Membuat Gambar Clean-up dan Sisip
    Untuk KD 1 dan 2 : Gambar kartun
    Sedangkan KD 3 dan 4 : Animasi 3D
    link : http://thepenciltestanimationcleanup.blogspot.com/
    3. Membuat Animasi Stop Motion (Bidang Datar)
    silahkan kunjungi : http://kurnia.nireblog.com/post/2009/11/14/membuat-animasi-stop-motion-bidang-datar
    Semoga membantu, mohon tanggapannya juga..

  16. aslam
    pak tolong kirimi segera modul alir produksi multimedia
    maturnuwun.

  17. assalamu’alaikum
    salam kenal mas,
    Saya anto dari aceh utara, kebetulan di sekolah saya baru dibuka jurusan multimedia dan saya dipercaya sebagai KAJUR nya. Saya minta tolong nich mas utk dikirimin juga administrasi untuk ketua jurusan, Makasih sebelumnya…
    wassalamu’alaikum

  18. Ass.
    Salam kenal Mas. Aku juga masih bingung dengan mata diklat Menguasai Cara MEmbuat Gambar Kunci, Clean up dan Sisip. Sebagian temen bilang mata diklat itu manual prosesnya. Tapi setelah buka-buka blog pean, kok ternyata agak sedikit gawat, pake 3D n Maya juga. Mana yang bener nih Mas???

  19. Kita dimasa peralihan bu, dari KBK ke KTSP. kebanyakan smk multimedia masih mengintegrasikan KBK ke KTSP 2006 dan Spektrum. Sehingga 3D yang dulu ada disisipkan dimateri tersebut. Salah memang, namun itu kenyataan yang ada diwacana Musyawarah Guru kami.
    Namun hati-hati juga.., UN Kejuruan 2009 masih menganut KBK, yg soalnya ada software 3D padahal mereka (siswa kelas XII sekarang) sudah pake KTSP 2006.

  20. mas saya kajur multimedia baru saya bingun dengan adminitrasi multimedia, kajur lama membawa semua adm multimedia.
    mohon bantuan dan kirim adminitrasi untuk jurusan multimedia, email saya : liloh87@yahoo.com
    atas bantuan mas saya ucapkan terima kasih
    ttd, indra

  21. salam kenal, pa,saya guru multimedia. saya mau bertanya buku atau penerbit apa yang harus dipakai dalam pelajaran clean up and sisip,?
    trima kasih sebelumnya.

  22. assalamualaikum, pak yahya, dimana saya bisa dapatkan pedoman kurikulum, silabus dan prangkat dengan standart ISO
    untuk smk jurusan multimedia, saya guru baru di smk yang baru, ini cukup klabaan. mohon bantuannya..

  23. Hah.. kelabakan.. Sama donk he..he…
    kita (MGMP) tidak mendapatkan perangkat tersebut, namun mengembangkannya….
    Pedoman awal ada di SKKD Multimedia, kemudian turun ke silabus, tentu saja kita melihat juga kebutuhan DU/DI setempat. Kalo saya dan teman2 bermisi hanya satu : Bagaimana caranya agar siswa kita dapat kerja waktu lulus sesuai dengan kompetensi-nya.
    Silahkan kunjungi groups MGMP di FB. kita tunggu diskusinya🙂

  24. Salam Kenal pak Yahya….saya guru multimedia, sekarang kajur multimedia.seperti juga teman-teman kajur yang lain, terus terang saya bingung tentang adm multimedia. Mohon Bantuannya ya pak yahya….Tolong kirim ke alamat email saya: conny0674@yahoo.com
    Trima kasih sebelumnya.

  25. Assalamu’alaikum
    Salam kenal,
    Saya Falakh, kebetulan saya dipercaya sebagai KAJUR Multimedia. Saya minta tolong Pak utk dikirimin administrasi untuk ketua jurusan, Makasih sebelumnya…
    wassalamu’alaikum

  26. Makasih sharing ilmunya mas, bukunya dah keluar belum??? saya ibnu guru smk di sumbar

  27. Assalamualaikum wr.wb
    Hallo Pak, saya guru SMK Multimedia…. saat ini saya bingung sekali dengan materi gambar kunci dan clean up n sisip…. maksudnya apa seh pak??? trus software yang digunakan 3DSMax atau software yang berhubngan erat dengan video editing???
    trus apa hubungan antara storyboard dengan materi gambar kunci dan clean up n sisip???
    Ok Pak…thanks sebelumnya…

  28. requestnya banyak, semuanya pada minta dikirimin heheh… emang jurusan multimedia seharusnya yg ngajar bukan Sarjana Komputer karena sedikit yg dipelajari dari jurusan tersebut yg berhubungan dengan multimedia, tp salahnya pemerintah ketika tes CPNS kemarin guru untuk jurusan ini adalah dari komputer, emang g salah2 amat sih tp jurusan ini sangat luas, buat yg dulu kuliah hobinya otak atik web desain dan pemrograman dan animasi flashnya mungkin masih bisa ditemuin di kampus. tp kalo sudah ke animasi 3d, video editing, cinematografi membutuhkan mahasiswa yg suka ngoprek komputer… saya yakin buat guru2 yg menguasai multimedia lebih banyak karena ngoprek bukan karena kurikulum waktu kuliah menyentuh multimedia. buat Mas Kurnia Yahya jgn kapok ya dimintain ilmunya heheh. buat yang lainya mbo ya jgn minta dikirimin usaha dikit jgn cuma mau copy paste aja. lebih enak disini ada yg memberi ada yg menerima, mungkin dibikinin forum aja mas..

  29. assalamu’alaikum
    salam kenal mas,
    Saya Miswanto dari Sumsel, mengajar jurusan multimedia dan saya dipercaya sebagai KAJUR nya. Saya minta tolong nich mas utk dikirimin administrasi untuk ketua jurusan, rpp dan silabusnya juga ya
    Makasih sebelumnya…
    ini email saya wanto_agmi@yahoo.com

  30. salam kenal pak, saya mengajar Multimedia. Saya kesulitan mengajar Mata Pelajaran Membuat Gambar Clean up dan sisip.Minta tolong Pak, kalau ada modulnya , tolong dikirimi..makasih sebelumnya…

  31. pak, saya ditugasi sebagai guru multimedia, padahal saya bukan dari latarbelakang multimedia dan sangat bingung sekali dengan materi Membuat animasi stop-motion (bidang datar) dan materi menggambar kunci animasi. mohon bantuannnya pak…apa yang harus saya ajarkan.. terimakasih

  32. ass…………………………
    mau tanya..apa sih hubungan clean up dan sisip dengan animasi?

  33. bos saya minta di kirim administrasi lengkap, materi multimedia dan kalo punya modul mas kurnia mohon dikirimkan soalnya saya kaprog baru di MM dan baru buka tolong ya mas kurnia

  34. mas punya materi 72.kk.4,5,10,11 dan 14 tolong mas saya dikirimi materi dan modulnya karena sekarang mulai ngajar

  35. Pak kurnia yahya, saya kajur baru di jur TKJ&Multimedia
    Mhon bimbingan utk bs menjalankn amanah tsb
    terutama administrasi, arah jurusan, prakerin dll
    trimakasih pak kurina yahya

  36. pak saya minta tolong kirimi materi / modul multimedia tentang finishing pencahayaan.saya butuh banget nie pak,untuk ngajar kelas 3

  37. masalah diatas tentang kajur multimedia yang bingung dengan adminitrasi multimedia juga menimpa saya. saya mohon untuk dikirim ke email saya bunbunwf[ed]yahoo.com.
    dan saya juga tentang 3 materi diatas… mohon pencerahannya…
    ^_^

  38. pak ….nama saya yunus, saya adalah guru baru di smk jurussan mm, parahnya lagi jurusn ini baru didirikan yg jumlah gurunya cuma 3 itu pun masih belum begitu paham tentang jurusan multimedia. saya mohon untuk dikirimi modul mm dan administrasinya di email saya m.yunus46@gmail.com
    terima kasih

Leave a Reply

