Kurikulum Multimedia Spektrum

DASAR KOMPETENSI KEJURUAN

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1.Merakit Personal computer

1.1   Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi

1.2   Melakukan instalasi komponen PC

1.3   Melakukan keselamatan kerja dalam merakit komputer

1.4   Mengatur kompoen PC menggunakan Software (melalui setup BIOS dan aktifasi komponen melalui system operasi).

1.5   Menyambung / memasang Periferal Menggunakan Software

1.6   Memerikasa Hasil Perakitan PC dan pemasangan periferal.

2.melakukan Instalasi Sistem operasi Dasar

2.1   Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi

2.2   Melaksanakan instalasi software sesuai Installation Manual

2.3   Mengecek hasil instalasi dengan menjalankan software (sampling) dan melakukan troubleshooting.

3.Menerapkan prosedur          kesehatan, keselamatan, dan keamanan kerja

3.1   Menjabarkan UU keselamatan kerja

3.2   Menerapkan prosedur standar keamanan manusia

3.3   Menerapkan Prosedur standar keamanan alat

3.4   Menerapkan prosedur lingkungan kerja tentang kesehatan, keselamatan, dan keamanan.

4. Memahami etimologi Multimedia

4.1   Menjelaskan dan mengkategorikan tentang multimedia

4.2   Menjelaskan multimedia content production

4.3   Menjelaskan multimedia communication

5. Memahami alir proses produksi produk multimedia

5.1   Menjelaskan proses Pre Production multimedia

5.2   Menjelaskan proses production multimedia

5.3   Menjelaskan proses Post Production  multimedia

6. Menyusun proposal penawaran

6.1   Menganalisa syarat-syarat proyek

6.2   Mengidentifikasi keterampilan yang sesuai dengan persyaratan laporan

6.3   Membuat rancangan biaya-biaya dan sumber-sumber yang ada

6.4   Membuat proposal

6.5   Membuat pengajuan permohonan tender

7. Merawat peralatan multimedia

7.1   Menjelaskan langkah-langkah perawatan multimedia

7.2   Membuat kartu perawatan peralatan multimedia

8. Memperbaharui isi halaman web

8.1   Memeriksa informasi untuk relevansi dan currency

8.2   Memeriksa links dan navigasi

8.3   Mengedit informasi sesuai kebutuhan

8.4 Menguji dan memastikan perubahan-perubahan

9. Menerapkan teknik pengambilan gambar produksi

9.1   Memilih dan menyiapkan bahan  dan peralatan video shooting

9.2   Men-set-up dan mengoperasikan kamera video dasar

9.3   Mengisi dan merawat battery selama  pengambilan gambar

9.4   Mengoperasikan kamera

9.5   Menata kabel-kabel kamera

9.6  Mengoperasikan clapper board

10. Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam Desain komunikasi visual untuk multimedia

10.1    Menjelaskan kaidah estetika dan etika seni grafis (nirmana)

10.2 Membuat sketsa

10.3 Menggambar prespektif

10.4 Menggambar objek

10.5 Menggambar ilustrasi

11.Menguasai cara menggambar kunci untuk Animasi

11.1   Menjelaskan syarat Animasi

11.2   Membuat gambar kunci

11.3   Mengatur dan melengkapi gambar kunci

12. Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip

12.1      Menemukan syarat-syarat gambar yang asli

12.2      Membuat gambar-gambar asli

12.3    Menjelaskan syarat-syarat  gambar tiga         dimensi

12.4    Membuat gambar tiga dimensi

13. Menguasai dasar animasi op-motion (bidang datar)

13.1      Mendeskripsikan syarat-syarat animasi

13.2      Membuat model warna dan tempat warna

14. Menggabungkan teks dalam sajian multimedia

14.1    Menggunakan software teks multimedia

14.2    Mendesain teks multimedia

15. Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian multimedia

15.1    Mengedit gambar digital

15.2    Menggunakan software grafik multimedia 2D

15.3    Menampilkan karya seni digital 2D

16. Menggabungkan fotografi digital kedalam sajian multimedia

16.1    Menggunakan kamera digital

16.2    Menggabungkan foto digital kedalam rangkaian Multimedia

16.3    Menciptakan susunan karya seni foto digital dan grafik 2D

17. Menggabungkan audio kedalam sajian multimedia

17.1    Menjabarkan format audio format digital

17.2    Menggunakan software audio digital

17.3     Merancang audio digital

17.4     Membangun track audio digital

18. Membuat story board aplikasi multimedia

18.1     Mengidentifikasi kebutuhan

18.2     Merncanakan alur isi story board

18.3     Mendeskripsikan proses pelaksanaan dalam story board

19. Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya

19.1     Menjelaskan dasar tata cahaya

19.2     Menjelaskan efek cahaya

19.3     Menyiapkan operasi lighting

20. Menerapkan efek   khusus pada objek produksi

20.1     Mengidentifikasikan materi penunjang efek khusus

20.2      Menginstallasi software efek khusus

20.3      Membuat efek khusus pada obyek

92 Responses

  1. Asslmkm..pa kabar?lam kenal ya..oya saya juga baru belajar jadi guru disalah satu SMK ditempatku, share dunk ilmu multimedianya…boleh ga minta materi2 multimedia??

  2. Salam kenal juga, Materi silkahkan di download aja. Direct download koq… namun masih kurang lengkap….
    Lebih baik lagi jika mas kurniawan membantu share dalam pembuatan materi…

  3. thanks saya da ambil contoh silabus .

  4. salam pak kurnia, saya baru mengajar TIK dan KNA Multimedia di SMP Tuban.
    Mohon bahan/materi yang diperlukan untuk tingkat SMP untuk dikirim via e-mail.
    Saya sudah membuka dan mendownload beberapa materi dr bapak, tetapi masih ada yang gagal. Krn link tidak bisa dibuka.
    Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

  5. salam kenal…
    mas, saya baru mengajar jurusan multimedia, mohon bantuan perangkat pembelajarannya dan rpp dong.
    trima kasih.

  6. @ kurnia : MOhon maaf, beberapa Link akan saya kasih mirror-nya..

  7. Link dah beres… silahkan download

  8. salam kenal…
    pak, saya guru smk islam al-amin demak mengajar jurusan multimedia, mohon bantuan perangkat pembelajarannya dan rpp dong.
    trima kasih.

  9. Apa kabar pak? saya mau tanya apakah kurikulum multimedia sepektrum sudah mulai diterapkan?, n apakah bapak ada modul yang sesuai dengan kurikulum multimedia sepektrum, kalu ada tolong saya dikasih. makasih dari babat

  10. Materi-materi hampir sama, ada penambahan di Rakit & instalasi komp. Silahkan unduh http://kurnia.nireblog.com/post/2008/12/29/materi-smk-multimedia
    Kami sudah menerapkannya

  11. pa, bukannya ada jadwal yang baruuuuuuu…….

  12. maaf maksud saya bukannya ada spektrum yang baru… yang urutannya beda dan redaksinya sudah diperbaiki?

  13. Betul, di dokumen xls tersebut ada 2 worksheet, Kur KTSP 2006 & Kur Spektrum.
    http://dl.getdropbox.com/u/320852/mm/Jadwal-Kurikulum-Spektrum.xls

  14. ass……….salam kenal pak..
    kebetulan saya adalah guru Multimedia di SMK Bajiminasa Makassar…jur. ini baru di buka tahun ni……sy mengalami kendala dalam penyajian materi…..sy sangat mohon bantuan bapak……di makassar hanya ada 1 sekolah yang berani untuk membuka jur ini…makanya sy kewalahan….

  15. Assalamu’alaikum wr..wb…
    Salam kenal pak… saya adalah seorang guru BARU yang di beri tugas mengajar Multimedia di SMK yang juga BARU
    saya masih bingung dengan kurikulum yang harus saya pakai itu yang mana sementara hampir semua materi,modul dan kurikulum dari Blog Bapak juga silabus dari smkn 4 malang semua sudah sempat saya download…mohon masukan…kira kira yang harus saya gunakan itu yang mana..? Thanks….

  16. Pada umumnya sekarang sudah memakai contoh spektrum, Jika dilihat dari KD-nya hampir sama, namun ada sedikit pengurangan dan penambahan. Sehingga contoh silabus KTSP 2006 juga dapat digunakan di Spektrum.

  17. Salam kenal mas.
    saya adalah guru multimedia baru. saya mendowload silabus dan Rpp sulit sekali karena bandwith dan traffic sibuk. tolong sekiranya kami minta bantuan agar perangkat mengajar tersebut bisa dikirimkan ke email saya. terima kasih sebelumnya.

  18. maaf pak, lulusan multi media di salurkan ke mana, apakah punya rekanan kerja. kalau ada kami bisa bergabung ga, trmksh.

  19. @ Dwi : download-an di blog ini direct koq pak dari dropbox (thanks for 2GB free n sync) jadi meskipun lwt email malah lebih berat. Pakai download manager kyk IDM biar bisa ngelanjutin download jika terputus.
    @ Turan : Saya punya rekanan di lamongan sangat banyak, asalkan kompeten didunia kerja. Kompeten di sini disamping kamu bisa dalam keilmuan, turan juga wajib memiliki nilai loyalitas dan integritas yang tinggi di perusahaan.

  20. pak, bagi-bagi ilmu nih. q baru belajar jadi waka kur. n dah harus menyesuaikan spektrum baru smk yang harus bener-2 tepat dalam membuat KTSP berhubungan dengan kmpetensi keahlia multimedia. saya masih bingung dengan pembuatan dari kaldik sampai pambagian jam, blm lagi blm lagi KD yang hrs disesuaikan k spektrum 2008. share ilmunya za pak,,, Thanks..

  21. @ Pak ahmad : kalo saya masih belajar menjadi wali kelas he..he..

  22. Pak Kurnia, kurikulum Spektrum itu apa sih? Lalu apa hubungannya dengan silabus dari BNSP? Sepertinya para guru SMK Multimedia masih kocar-kacir dalam peyusunan Perangkat Pembelajaran, sama seperti saya ini. Maklum lah, background kita kan dari industri. Matang di ilmu terapan tapi masih kurang dalam manajemen pengajaran. Apa kita harus kop-dar pak..? Apa cukup dengan MGMP sekota/kabupaten? Di kabupaten ini, baru ada 3 SMK yg membuka jurusan Multimedia.

  23. Menurut Pak Eko Indrajit, ilmu kita (teknologi Informasi) sangat cepat berubah.. kalo di Computer Science 2005 disebutkan setiap 6 menit ada perubahan. Beberapa perubahan terjadi di Multimedia, Mulai KBK 2004, KTSP 2006 dan sekarang Spektrum. Yg pasti ada kelebihan dan kekurangannya.
    Untuk formula Prodinya diatur agar sesuai dengan lapangan pekerjaan, dalam arti DU/DI gak perlu ragu lagi untuk mengambil tenaga kerja lulusan SMK.
    Sejatinya BNSP menghimbau agar Sekolah dapat mandiri di daerah masing2. Kriterianya sederhana kata Pak Wijil (Pentolan Dinas Jatim). Dihitung aja, sekolah meluluskan berapa siswa, dari situ yang bekerja berapa dan yang bekerja sesuai kompetensinya berapa.
    Nah jika gak sebanding dg lulusan maka dapat dipastikan penyelenggaraan pendidikan SMK belum optimal.
    Lebih lengkapnya ada di posting saya :
    http://kurnia.nireblog.com/post/2009/08/31/skkd-silabus-dan-rpp-multimedia-spektrum

  24. Assalamualaikum…..
    salam kenal mas….
    saya seorang guru (baru) di sebuah SMK di NAD jurusan multimedia, saya mengalami kesulitan dalam mengajar karena basic nya saya bukan seorang guru di bidang multimedia, untuk beberapa mata plajaran saya mengalami kesulitan dalam mengajar, dikarenakan saya sendiri masih bingung apa yang harus diajarkan, saya sudah browsing untuk beberapa mata pelajaran tersebut, tetapi hasilnya minim sekali materi yang mendukung…. saya mengajar beberapa mata pelajaran dan yg saya rasakan kesulitan nya di dalam 2 mata pelajaran ini
    1.Membuat gambar kunci untuk animasi
    2.membuat gambar clean-up dan sisip
    mohon bantuannya….
    klo mas punya rpp + modul mohon di upload atau dikirim lewat e-mail.
    saya merasa bersalah klo siswa yg saya ajar gak terpenuhi standar kompetensi nya….
    sekali lagi mohon bantuannya
    terimakasih sebelumnya….

  25. @Rizaru : Ya memang bersalah, jangan merasa aja…. he..he…. (joke). Selama kita mau belajar terus gak ada yang salah koq…
    kompetensi tersebut pernah saya tulus di :
    http://kurnia.nireblog.com/post/2009/02/02/kompetensi-luar-biasa-multimedia-di-smk

  26. salam kenal pak, saya guru baru disekolah yg bru ditugasi mengajar “merawat peralatan multimedia” saya bingung materinya tentang apa…?? bisa tolong bagaimana saya bisa mendapat materinya..!!! kalo bpk bersedia bisa gak dikirim via email saya..!!! sebelumnya saya mengucapkan terimakasih…!!!

  27. @ Adi : silahkan download silabusnya. No.SK : 072.B.05
    http://smk-kalitengah.com/doc/Silabus.doc
    Untuk KD yang 1 : Buku petunjuk manual peralatan masing2
    yg KD 2 : Kartu Ceklist menyesuaikan..

  28. Halo..
    Salam kenal. saya seorang guru multimedia. saya sudah membuat silabus tapi saya belum ada modulnya. mhon dibantu untuk modulnya. terima kasih..

  29. Silahkan anda jelajahi blog ini, memang masih banyak yang belum ada. Mohon share dari bapak Ade juga…

  30. Saat ini saya sedang merampungkan e-book untuk pengolahan grafik vektor dengan CorelDRAW X4 dan Adobe Illustrator CS2.. Progress baru 90% kelar. Kontakl saya buat guru2 yg butuh… Termasuk juga (mungkin) pak Kurnia… hehehe…

  31. E-Book…? wah… hebaat… mau..mau… saya g sabar nunggu..!!
    oh ya, mohon ijin Bookmark http://www.rezapahlevi.net/
    Blog Pak Reza mantap..!!!

  32. salam kenal Pak Kurnia, saya juga baru belajar mengajar di SMK yang salah satu jurusannya adalah Multimedia. Terima kasih atas materi-materinya.

  33. salam kenal pak
    kami dari smkn 1 demak mohon bantuan materi Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya
    terima kasih

  34. @ Shofi : Saya menggunakan buku “Teknik Modern Fotografi Digital” penerbit Andi Jogja
    http://andipublisher.com/index.php?kat0=VmtaV1UxZHNRbEpRVkRBOQ==&kat1=VmtaYVUySnNRbEpRVkRBOQ==
    Serta Majalah Advertising dan Internet.
    Kesulitannya adalah peralatannya (mahal), namun masih bisa disiasati dengan lampu biasa.

  35. Salam kenal pak Kurnia..
    Boleh gak, saya minta materi tentang Multimedianya?
    Terutama di bidang animasi, yang saya gunakan untuk bahan belajar
    Terima kasih sebelumnya..;-)

  36. Salam Kenal…..
    Pak saya guru baru di SMK baru juga, n kebetulan ngajar produktif untuk bidang keahlian multimedia. yang membingungkan mencari bahan ajar, tolong kasih solusi dimana saya bisa mendapatkan modul-modul untuk bahan ajar.
    Terima kasih sebelumnya………

  37. @ Bu Novia : Untuk bidang Animasi, ibu bisa dapatkan dari buku2 biasa, rekomendasi saya dari Maxicom : http://www.maxikom.co.id/gbshow.php?id=203
    itu pake 3DMax (Kebanyakan dunia usaha pake 3DMax) bisa juga pake Maya ataupun Blender yang Gratis.
    @ Pak Setyo : Terkadang modul disekolah satu tidak cocok digunakan di sekolah lain ataupun daerah lain, inilah mengapa kita dibebaskan mengembangkan baik modul sendiri maupun kosentrasi kompetensi tersendiri sesuai dengan kebutuhan dunia usaha/industri setempat.
    Namun tidak sedikit juga yang membuat modul untuk di open source-kan. Silahkan gabung di Group MGMP Multimedia di FB.

  38. Salam kenal…. pak Kurnia…. trems atas modul-mudul yang bisa kami ambil….. moga tambah ilmunya….n kita bisa sharing lagi…kalau boleh minta np hp…nya soalnya saya juga dari lamongan n baru ngajar dimultimedia tepatnya…. sih banyubang solokuro lamongan

  39. assalammualaikum wr wb sebelumnya saya sampaikan terimaksih telah menyediakan tempat untuk urun rembuk “2.melakukan Instalasi Sistem operasi Dasar” Yang meliputi apa saja SO yang open apa yang copy ?

  40. assalammualaikum wr wb.
    kalau boleh nanya ya pak…
    apa semua software / program yang ada di rumah produksi atau sekolahan Anda sudah menggunakan produk yang legal ? kalau belum legal ya tolong di urus kelegalannya. Kalau tidak berarti Bapak termasuk penjahat, yang mana siap-siap saja kalau polisi datang ke rumah Anda / sekolahan Anda. Atas konfirmasinya disampaikan terima kasih…
    Wassalammualaikum wr wb

  41. Saya adalah salah satu staf pengajar di SMK Swasta di wilayah Kabupaten Lamongan, yang perihatin dengan PEMBAJAKAN SOFTWARE yang semakin hari semakin meningkat, khususnya di sekolah-sekolah yang mempunyai komputer.
    Apa Undang-Undang RI No. 19 Tentang Hak Cipta yang diberlakukan tanggal 29 Juli 2003 cuma sekedar WACANA???
    Mari bapak2/ibu yang berprofesi sebagai guru pendidik se-indonesia, JANGAN JADIKAN ANAK DIDIK KITA SEBAGAI KADER PEMBAJAK SOFTWARE. APA KITA TIDAK MALU? AYO AJARI MEREKA TENTANG PENTINGNYA ARTI LEGALITAS.
    Sekedar saran bagi para tim penyusun LKS untuk SMP/SMA dan yang sederajat buat LKS yang isinya itu berupa software yang free. Jangan diisi dengan sofware yang jelas-jelas kita tidak mampu untuk membelinya.
    Kalo saran kami di setujui saya sangat bangga pada Bapak/Ibu Tim Penyusun LKS.

  42. Wow, great comment…!!!
    Satu pihak opensource msh belum byk digunakan di DU-DI, satu pihak tentang Pembajakan di lingkungan sekolah yang latar belakangnya mengikuti DU-DI. Menurut Pak Joe bagaimana dilema ini..?
    Yang pasti undang2 HAKI sudah disosialisasikan di Mapel KKPI.. aneh bukan he..he..?
    Alhamdulillah, perlahan namun pasti kami terus mensosialisasikan opensource di sekolah
    Oh ya, untuk buku yang juga menyertakan opensource (Bagi TIK) pilihlah Erlangga (Bukan promo lho).
    Trims

  43. pak maaf mau tanya saya juga baru belajar jadi guru multimedia trus masalah kompetensi dasar itu saya kebingungan tolong di jelaskan kelas 1 berapa kompetensi 2 berapa dan 3 tu berapa…
    makasih sebelumnya
    chabib arif

  44. Terimakasih atas jawaban dari rekan-rekan. Untuk penyusun MGMP bagaimana dengan rancanganya yang rata-rata dengan sofware yang jalan di SO micro…. 50% saya yakin dari SMK yang ada di kabupaten lamongan Khususnya, endak ada SO nya yang “tumbas”.
    ====== tulisan pak Joe
    apa semua software / program yang ada di rumah produksi atau sekolahan Anda sudah menggunakan produk yang legal ? kalau belum legal ya tolong di urus kelegalannya.
    ======
    berapa biya yang harus di keluarkan u membeli ? cek di
    http://www.bhinneka.com/products/sku00408840/microsoft_windows_xp_home_sp2_le_%5Boem%5D.aspx
    di kali jumlah komputer kita, belum aplikasinya tolong di hitung sendiri.
    http://store.corel.com/webapp/wcs/stores/servlet/ProductDisplay?catalogId=10001&storeId=10001&langId=-1&productId=10851&trkid=cgs12tour.
    Luar biasa sekali biyaya yang harus di keluarkan yaaa . :)* Kenapa endak di mulai dari sekarang menyusun MGMP yang mengarah ke FOSS …

  45. pak, saya mau curhat, tolong beri coment curhatan saya yah pak?????
    ” saya adalah salah satu murid yang kena dampak pembajakan softwere yg dilakukan sekolah kami,saya tuh ingin sekolah saya melakukan perubahan untuk memakai softwere yg legal, tapi apa daya tangan tak sampai, saya hanya seorang murid yg harus mematuhi gurunya loh, seperti peribahasa(guru kencing berdiri murid kencing berlari)”
    Pertanyaan saya adalah bagaimana supaya saya bisa membujuk guru kami untuk melakukan sebuah perubahan dengan memakai softwere yang legal,tapi saya juga menyadari kalau sekolah kami tak mampu untuk membeli barang yg asli, jadi gmana donk pak,satu sisi saya mau memakai barang yg gak bajakan,satu sisi saya kasihan dengan sekolah saya,tolong djawab ya pak???????

  46. Assalamu’alaikum Pak Yahya :
    Terima kasih Pak sudah membalas ungkapan hati saya kemarin.
    Langsung saja :
    “Satu pihak opensource masih belum byk digunakan di DU-DI, satu pihak tentang Pembajakan di lingkungan sekolah yang latar belakangnya mengikuti DU-DI”====== tulisan pak Yahya Kurnia— 2009-11-18 – 14:07:47 GMT 1 | http://kurnia.nireblog.com/post/2009/05/24/kurikulum-multimedia-spektrum
    Ok deh kalo gitu Pak yahya, memang DU-DI di Indonesia kenyataanya seperti itu. Apa kita tega kalau anak didik kita belajar dengan menggunakan barang bajakan?
    Menurut hemat saya, Kalau kita sudah Go Opensource, Anak-anak SMK kita kasih tugas MAGANG/PSG di DU-DI yang sudah Go Opensource. Seandainya 100% DU-DI di Indonesia mamakai software ilegal, Bagaimana Pak Yahya?
    Para murid SMK jangan dikasih izin untuk magang di tempat yang memaki software ilegal, kenapa tidak kita tugaskan saja anak didik kita untuk magang di Hollywood saja?
    Kenapa Hollywood…. kalau tidak percaya lihat di http://news.softpedia.com/news/Hollywood-Loves-Linux-45571.shtml
    Kalau kita/anak didik tidak mendapatkan tempat magang/psg yang memakai software legal atau tidak punya biaya untuk magang/psg di Hollywood, bagaimana? Itu tugas kita sebagai tenaga pendidik, tidak usah memikirkan dilema.
    Sekian ungkapan hati terdalam saya yang perihatin dengan dunia pendidikan di INDONESIA.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  47. Sip.. iya, Blender is Good, InkScape, Open Office, GIMP, Kino is good too…. Kayaknya Multimedia gak perlu takut untuk pindah ke opensource
    Namun project ini luar biasa,.. harus serempak secara Nasional.. jika output opensource maka DU-DI pun ngikuti…
    Moga Mendiknas memiliki agenda sosialisasi opensource yang luar biasa.. termasuk pada Guru juga.

  48. pak, saya mau bertanya apa itu syarat mengidentifikasi animasi, membuat gambar kunci, dan mengatur dan melengkapi gambar kunci?????

  49. assalammualaikum wr wb
    Endak harus serempak pak, mari kita mulai dari diri kita sendiri khususnya kab lamongan. yang akan menjadi sentral FOSS.
    =======
    Kayaknya Multimedia gak perlu takut untuk pindah ke opensource
    ========
    Buktikan pak ….
    kita sebagai guru Multimedia mari diwujudkan ???
    terimakasih pak atas tanggapanya

  50. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Langsung saja ya… Pak yahya
    Saya sangat setuju dengan pendapat Pak Pandiono. Sekedar tambahan ya Pak Yahya terhadap apa yang Anda tuliskan kemarin bahwa “Satu pihak OPENSOURCE masih belum banyak digunakan di DU-DI, satu pihak tentang PEMBAJAKAN di lingkungan sekolah yang latar belakangnya mengikuti DU-DI”.
    Sekarang saya tanya, Apa pihak Microsoft + Perusahaan yang lain + Pak Polisi peduli dengan DU-DI? Apa Bapak mau seandainya Komputer yang ada di sekolahan kita di angkut (dirampas) karena tidak punya lisensi? Terus kita ngajar di mana Pak? Ditambah lagi nama baik sekolahan+nama guru bisa tercoreng. Mau???
    Pak Yahya, mestinya sudah tahu kalau ada sayembara kayak ini yang mengatakan “… bahwa BSA menawarkan hadiah sebesar 4800 Dollar x Rp. 9.700,- (20 Nov 2009) = Rp. 46.560.000,- untuk setiap pelapor dalam usaha memberantas pembajakan software yang hingga saat ini masih marak terjadi di negeri kita kendati Undang Undang HAKI sudah ditetapkan…”.
    (download | http://74.125.153.132/search?q=cache:c6DJzlWW9BwJ:home.indo.net.id/~hirasps/haki/General/2006/Artikel%2520Andri%25202004%259681%2596163.doc+Artikel+1+:+Pemberantasan+Software+Bajakan+dan+Masalahnya+Dari+Blog-nya+I.d.b.a.n+Secandri,&cd=1&hl=id&ct=clnk&gl=id )
    Saya pribadi mau Pak dengan iming-iming itu, saya bisa cepat kaya, bisa beli sawah, tambak, bahkan perahu beserta dieselnya, waah enak sekali. Tapi saya tidak tega….. tapi gimana kalo saya kepepet? Sorry banget yaa ….
    Sekarang saya tanya kepada yang membaca tulisan ini, Apa di sekolah Anda (SMK …. ) sudah menggunakan produk yang legal?
    Boleh kan Pak Yahya kalau kami berkunjung ke Sekolahan dimana Bapak mengajar untuk melihat Lab. Komputer, dll?
    Atas konfirmasinya disampaikan terima kasih.
    NB; Mohon maaf bila ada yang tersinggung, memang tulisan saya ini agak menjengkelkan 😉
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  51. Waduh..waduh… saya saksi apa tersangka ini… he..he…
    Saya siap koq memulai… gmana Pak .. Bu….
    Gmana Pak Joe, Pak Pandiono..?
    Saya manut saja solusinya…

  52. wah kalau melihat semangat dari bapak2 jadi tambah semangat menggaungkan open source di Lamongan nech…
    Saran saya cuma satu, sebelum menggunakan (baca:menyarankan) FOSS ke orang lain sebaiknya anda sendiri sudah menggunakan FOSS, apalagi kalau digunakan untuk mengajar, diharapkan para pengajar ditraining dulu untuk menguasai FOSS, FOSS hanya alat, semuanya tergantung pada SDM nya. MAN BEHIND THE GUN yang menentukan “gun” itu punya taji atau tidak. Karena kalau dipaksakan tanpa ada persiapan yang matang, kasihan muridnya yang jadi korban, iya kalau muridnya mau belajar sendiri, kalau tidak? kualitasnya dipertanyakan.
    Untuk training non formal, mungkin saya dan teman-teman siap membantu, untuk level GIMP dan Blender insyalloh ada yang lumayan ahli.

  53. Terimakasih pak YELLOWHAT89 atas partisipasinya dan bisa membantu u memujudkannya. pak yahya u tahun ajaran ini udah saya mulai di sekolahan tempat saya ngajar. Mohon bantuan rekan-rekan u membantu mencerdaskan bangsa.

  54. @PANDIYONO, sekolahnya dimana Pak?

  55. Assalamu’alaikum Pak Yahya.
    Terus terang Pak Yahya, saya sangat salut dengan Bapak, yang istiqomah posting (bhs.jawa: nyambangi) blog pribadi Bapak.
    ee… Pak Yahya, saya titip pesan ke Pak Wajib, S.Pd selaku yang ndesain http://smknlamongan.cjb.net/ . Kenapa kok yang pernah di update isinya? Saya rasa Kok enak banget ya di http://smknlamongan.cjb.net/ tidak dikasih tempat komentar untuk para tamu.
    Apa Sistem Operasi yang ada di SMKN Lamongan sudah pake’ yang legal?
    Kapan-kapan saya akan berkunjung ke SMK Negeri Lamongan untuk melihat-lihat komputernya.
    Itu saja Pak Yahya pesan saya, tolong sampaikan ke Pak Wajib ya… Kalo disampaikan saya ucapkan terima kasih.
    Wassalamu’alaikum.

  56. Web smkn1 dah ganti url address jadi http://smkn1lamongan.sch.id/ namun kyknya masih “Reported Attack Site!”

  57. tolong kirimi aku materi sesuai spektrum karena sekolahku baru buka multimedia

  58. Ass. Numpang lewat Pak Yahya, saya nitip tulisan yang saya kutip dari http://sunarto.wordpress.com/2009/09/14/mengusung-spirit-open-source-harus-dari-mana/
    Mengusung spirit open source, harus dari mana?
    Geliat spirit open source dewasa ini sepertinya masih adem ayem. Penggiatnya biasanya berasal dari kelompok itu-itu saja. Penggunanya pun tampaknya tidak mengalami kenaikan yang signifikan. Sekolah sebagai ujung tombak pendidikan juga tidak banyak berperan dalam mengenalkan dunia open source kepada peserta didik. Penulis beberapa kali mencoba menengok ’isi’ dari laboratorium komputer pada sebuah sekolah. Personal komputernya rata-rata menggunakan sistem operasi yang mestinya ’berbayar’, tetapi faktanya menjadi ’illegal propietary’. Sekolah dan guru tidak peduli lagi (atau tidak sadar?) bahwa selama ini mereka mengajarkan sesuatu dengan menghalalkan yang ’haram’ untuk digunakan. Saya perkirakan lebih dari 80% dari mereka, menggunakan sistem operasi bajakan. Lalu kesalahannya dimana?
    IGOS yang dicanangkan menkominfo sejak 2004 lalu nampaknya tidak cukup ampuh untuk menyadarkan pemakai di institusi yang berlabel ’negeri’. Silakan tengok sendiri pada departemen pemerintah, perguruan tinggi dan sekolah yang berlabel sama ;
    – Sistem operasi apa yang mereka gunakan?
    – Legalkah?
    – Kalaupun ada yang menggunakan open source berapa prosentasenya?
    – Kenapa tidak menggunakan sistem operasi yang gratis sehingga kita tidak perlu membuang uang ke luar negeri?
    – Masalahnya dimana?
    Ada beberapa alasan, umumnya mereka menganggap tidak familiar, susah dan malas untuk mempelajari sesuatu yang baru. Ironisnya jawaban ini muncul dari seorang guru sebagai pendidik. Koq bisa ? Apakah jika sudah menjadi guru tidak perlu belajar lagi?
    ”Iyah, saya bingung, ini pakai aplikasi apa jika di linux? Kalau yang ini pakai apa juga?” keluhnya. Jika sama-sama kita cermati hampir semua aplikasi yang ada di sistem operasi Windows dapat kita ’replace’dengan aplikasi yang ada di Linux sebagai salah satu pengusung open source ;
    – Open Office pengganti MS Office
    – GIMP sebagai pengganti Photoshop/CorelDraw
    – Openflash menggantikan Adobe flash
    – Bluefish menggantikan Dreamweaver, dan lainnya
    Apalagi untuk aplikasi yang relatife kecil seperti pemutar CD, FTP, remote dan sejenisnya begitu banyak ragam disediakan para pengembang.
    Untuk dapat melihat perkembangan system operasi Linux, cobalah kunjungi http://distrowatch.com kebanyakan dari pengembang menyediakannya (image source nya) secara gratis. Dan kalaupun ada yang berbayar itu untuk kebutuhan support onlinenya. Yang cukup membanggakan, BlankON sebagai produk lokal pun ikut mewarnai distro 100 besar yang paling banyak dikunjungi (hit per day) sejak awal 2009 ini.
    Peran Linux sebagai sistem operasi yang open source yang pada awalnya lebih banyak digunakan disisi server, namun belakangan berkembang juga penggunaannya pada desktop. Beberapa distro bahkan menyiapkan opsi bagi pengguna ketika hendak menginstalasinya, lebih kepada fungsi server atau desktop, ini bisa kita kustomisasi. Ada ratusan distro yang dapat didownload. Jika kita ragu untuk menginstalnya ke komputer, tak perlu khawatir, banyak tersedia Live CD, sehingga kita tak perlu takut akan hilangnya data yang ada di komputer.
    dst…. dst…
    Maaf bila ada kesalahan

  59. Pak yahya, kok pas klik http://www.smkti-lmg.com munculnya “This domain has expired. Click here to renew it, dst” ?
    Mohon pencerahannya… Terima kasih.

  60. MOhon maaf, SMK TI mau ganti domain, karena hati sudah erbagi dua he..he.. TKJ dan MM, Insya Allah akan segera muncul untuk Pure Multimedia..
    Untuk sementara bisa gabungan n nimbrung di group FB nasional… pakarnya lebih banyak n luas..

  61. @ Joe : gak ada yang salah, pedih memang (meninggalkan jendela – tapi lebih pedih kalo bayar kayaknya)….he..he..
    kalo mulai dari guru seperti saya, maka saya hanya butuh tongkat sihir untuk memerintah (mensosialisasikan) pada guru lain untuk berpindah so beserta aplikasinya..
    Tongkat sihir yang manjur dari Diknas Kabupaten dah cukup.

  62. Ass. Pak Kurnia. Terima kasih sudah posting kembali.
    Terus terang Pak Yahya. Saya adalah salah satu staff pengajar di SMK Multimedia di daerah Lamongan.
    Sosialisasi FOSS yang saya lakukan di SMK untuk sekarang masih belum kelihatan hasilnya. Ini terkendala dari GURU-GURU MULTIMEDIA YANG LAIN, YANG MASIH meng-NGGANDOLI WIN*$$$ YANG MASIH BAJAKAN, ALASAN MEREKA ADA-ADA AJA. Jadi sekarang (rencananya) saya akan keluar dari dari SMK tersebut, karena saya tidak bisa memberikan hal yang patut bagi anak didik saya (BARANG YANG LEGAL). Mengapa mengenalkan sesuatu (barang) kepada mereka (murid-murid) yang jelas-jelas mereka tidak mampu untuk membeli lisensi barang tersebut. Kenapa mereka tidak kita kenalkan saja dengan barang2 yang mereka bisa beli bahkan gratis. Bukannya saya sok suci Pak Yahya, saya sendiri banyak dosa, makanya saya tidak rela anak didik saya terjerumus ke dalam dunia yang penuh dosa (membajak software), benarkah demikian Pak Yahya?
    Kenapa harus menunggu Tongkat sihir yang manjur dari Diknas Kabupaten Pak Yahya?
    Sekarang saya tanya, Apa Anda takut jika Anda mengajak mereka untuk pindah ke yang legal, takut dengan jabatan sebagai guru sekolah anjlok? Lah wong katanya Guru itu digugu lan ditiru. Terus gimana dengan : Guru kencing berdiri, murid …..
    Sekolah Anda kan dekat dengan Diknas Kabupaten, apa Anda sudah menghadap ke Diknas Kabupaten untuk menghimbau supaya beliau-beliau memberikan tongkat sihir kepada kita? Saya siap membantu Pak Yahya.
    Insyaallah dalam waktu dekat ini saya sendiri akan menghadap ke Ma’arif, kemudian ke Diknas Kabupaten untuk meminta tongkat sihir.
    Demikian dari saya Pak Yahya. Terima kasih telah memberikan tempat bagi saya.
    Wassalam.

  63. Wah..wah.. Pak Joe tahu banyak tentang saya… he..he.. jadi sungkan….
    mari kita sharing…, mampir ke rumah saya… dijamin ada kopi-nya…
    Apakah kita pernah bertatap muka…? barangkali di MGMP…?

  64. Wah Pak Yahya tidak usah sungkan2. tp saya ini separuh dukun lho… (dukun FOSS).
    Kalo ada waktu saya akan mampir ke rumah Bapak untuk cari kopi gratisan lho. Saya belum pernah bertemu dengan Anda secara langsung Pak Yahya, apalagi di MGMP.

  65. salam kenal pak kurnia, maaf kalau nama emailnya norak, cuma biar kelihatan kalau profesi saya sebagai guru TIK di SMK, dan menghandle jurusan Multimedia.
    Terus terang saja pak, jurusan kami baru tahun ini berdiri, dan kendala utama yang kami hadapi sbg guru adalah Materi yang sesuai dengan SKKD 2009 ( selain tentunya fasilitas yang belum ada sama sekali ). mohon arahan dan share materinya. thanks

  66. trims atas rpp dan modul etimologi mutimedianya
    boleh gak minta modul menguasai cara menggambar kunci untuk animasi

  67. pak saya mau bertanya,untuk mengidentifikasi alir proses, merakit PC, etimologi, melakukan instalasi SO. apakah terangkap dalam 1 tahun ataukah 1 semester?
    Kalau di spektrum terdapat 20 kompetensidsar. dan itu terdapat di masing2 semester, sperti melakkukan instalasi SO, etimologi dan alir proses MM itu hanya terdapat di Smstr1 saja,dan di smstr 2 materinya apa masih sama?kalau boleh saya tau, Standart kopetensi apa saja di setiap semester? berikut jam SKD tsb,,
    apakah bapak mempunyai spektrum yg ada jam seperti kuri. 2006, dikarenakan di sekolah kami msh rancu terhadap spektrum Multimedia.
    terimakasih sebelumnya..
    ghema87@gmail.com

  68. Assalaamualaykum
    Kayaknya banyak guru prodi multimedia disini. Setelah baca bbrp pertanyaan, kendala yg terjadi dengan keluarnya Spektrum 2009 memang banyak terjadi kebingungan dalam pengaturan jam dalam satu semesternya. Saya jg mengalami, materi-materi yg tidak dijabarkan secara lebih mendetail bikin guru extra mikir dalam memberikan materi ke anak didik. Rasanya musti pintar improvisasi nih…:) sementara ini saya cenderung mengacu ke SKKNI aja, tp ya itu td bbrp SK dan KD yg baru ini kadang tidak ada di SKKNI. So…marilah lebih kreatif lagi dan moga tidak ada perubahan spektrum yg drastis lagi (krn saya jg bingung acuan penyusunan spektrum sendiri dari mana)

  69. “Rasanya musti pintar improvisasi nih…:) ”
    Rasanya wajib bagi semua guru…..
    Terus terang comment anda yang terbaik selama saya bikin blog ini, dan karena itulah mengapa blog ini juga lahir…
    Saya kira harusnya bikin Munas Luar Biasa buat guru Multimedia….

  70. @ Ghema : Kalo menurut saya perakitan n Instalasi cukuplah 1 semester asalkan block time (minim 4 jam sekaligus).
    Kemudian, tidak harus satu kompetensi di habiskan dalam 1 semester, bisa juga bertahap. Untuk kejuruannya, KHS yang kita jadikan acuan,

  71. Kurnia Wrote : Saya kira harusnya bikin Munas Luar Biasa buat guru Multimedia….
    Menurut saya itu harus Pak.. Biar kita bisa sharing, tujuan utamanya adalah memberikan yang terbaik untuk siswa. Bukan sekedar menghabisakan materi, membuat perangkat pembelajaran dll sbgnya..
    …dan target utamanya adalah agar kompetensi yang kita berikan dapat bermanfaat dan dipakai oleh siswa di dunia kerja nanti (baik bekerja sendiri/wiraswasta atau bekerja dengan orang lain/jadi pegawai). Beda dengan mengajar di SMA atau SMP.
    Ian Wrote : “Rasanya musti pintar improvisasi nih…:) “
    Itu yang saya lakukan ketika pertama kali menjadi guru setelah sebelumnya bekerja kantoran. Tapi kemudia saya dokumentasikan sedikit demi sedikit sambil jalan. Alhamdulillah bidang pekerjaan saya sebagai Designer Grafis di kantor sangat memudahkan semuanya ketika menghandle proli Multimedia. Makanya saya lebih setuju bila guru SMK mempunyai latar belakang kuat pada bidang prolinya masing-masing. Akan lebih baik lagi bila mengetahui luar dalam kemauan DU/DI (pasar) terhadap kompetensi lulusan SMK yang akan mereka serap.

  72. sebelumnya saya ucapkan terima kasih utk materi KK Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam Desain komunikasi visual untuk multimedia, tp kalau tidak salah di silabus yg saya baca, utk KK ini ada 10.6 nya pak. nah kalau tidak keberatan dibantu sekalian dong pak materinya ( udah dikasih hati sekalian minta ampelanya ) gitu. maap dah ngrepoti, maklum guru baru ?

  73. Assalaamu’alaikum pak Yahya..
    Salam kenal pak Yahya, saya salah seorang guru baru yang ditugasi mengajar KDK Multimedia yang baru dibuka tahun ini. padahal saya nol putul (gak bisa apa-apa). karena itu saya minta tolong kepada bapak untuk dikirimi modul KDK dan produktif multi media kelas X. Sebelumnya kami sampaikan terima kasih
    Wassalam
    Nur Hidayah

  74. Salam pak kurnia,
    mohon bantuannya lagi pak (maklum prodi Multimedia baru) di sekolah saya untuk kompetensi kejuruan multimedia saya bagi menjadi 7 mata pelajaran (utk mengajar dan menyusun jadwal):
    1. Tehnik Grafis
    2. Tehnik Animasi
    3. Tehnik pengambilan gambar
    4. Tehnikpengambilan video
    5. Administrasi Web
    6. Penyusunan Proposal
    7. Tehnik Produksi
    tapi saya masih bingung untuk mengelompokkan kompetensi kejuruan ke dalam ke tujuh mata pelajaran tersebut,saya mohon pak kurnia bisa membantu saya, atau mungkin ada saran lain untuk pengelompokan mata pelajarannya…terimakasih bantuannya saya tunggu
    syukur pak kurnia berkenan kasih jawaban juga ke email saya megacom_01@yahoo.co.id

  75. @ Pak Rohmat : Sudah saya kirim by email pak
    @ Bu Nur : Silahkan ambil semua di blog ini bu, yang belum ada, berarti waktunya ibu yang nyusun he..he..
    Soal Nol putul…, lebih baik nol putul tapi selalu updating dari pada berisi tapi tidak mau updating n upgrading..
    he..he.. banyak contohnya disekitar kita soalnya…

  76. Terimakasih sekali atas bantuannya, semoga pak kurnia tidak jenuh membantu kami dan Allah yang membalas semua kebaikan pak kurnia, saya mohon penjelasannya lagi, kalo di SMK pak kurnia Kompetensi dibawah ini praktiknya menggunakan software apa (sebagai reverensi disekolah kami)
    1. Memperbarui isi halaman web
    2. Menguasai teknik pengambilan gambar produksi
    3. menerapkan pripsip seni grafis dalam desain komunikasi visual
    4. Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi
    5. Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip
    6. Membuat animasi stop-motion
    7. Menggabungkan tek kedalam sajian multimedia
    8. Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian multimedia
    9. Menggabungkan fotografi digital kedalam sajian multimedia
    10. Menggabungkan audio kedalam sajian multimedia
    11. Membuat story board aplikasi multimedia
    dan sekali lagi pak, karena di sekolah kami (semua prodi)untuk SK (Standar Kompetensi) dalam mengajar dan penyusunan jadwal harus dibuat kelompok mata pelajaran, mohon bapak bisa membantu mengelompokkannya kedalam 7 mata pelajaran seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya,
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih…

  77. Software..? bakalan polemik lagi… he…
    biar siap kerja, menggunakan software yang digunakan oleh perusahaan/dunia industri..
    jangan lupa pak, ntar malam diskusi di group FB MGMP Multimedia & TKJ Nasional

  78. Maaf pak kurnia, bapak punya modul-modul praktik MM tidak, kalo punya saya dikasih dong, trimakasih…

  79. @Pak Rohmat : Pak.. gak keliru tah pak…?
    bapak malah yang udah terdokumentasi.. sementara ya hanya flash untuk ukk saja dari saya.. yang lain belum mendokumentasikan pak… 🙂
    untuk APP, Audition, sudah ada di materi yg terupload..
    yg merakit n menginstall pc, grafis 2D ada miliknya Pak Reza, nunggu 3DMax-nya beliau yg msh dalam proses.. 🙂

  80. Oke pak trims, trus kalo di SMK saya untuk Standar Kompetensi Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam desain komunikasi visual untuk multimedia rencana saya, siswa saya bawa ke LAB komputer gambar, menggambar dengan Corel Paint dengan alat Pen Tablet, menurut bapak bagaimana apa sesuai dengan kompetensi yang dimaksud? trims..

  81. Ass Pa Yahya kalau materi tentang >> Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip. kalau di bikin modul isinya 3d Max masuk akal tidak.. mohon bimbinganya.

  82. Ass Pa Yahya. Mohon bantuan modul atau bahan ajar untuk Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi dan Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip. Trimakasih

  83. assalam…pak saya bingung nih cari bahan buat ngajar
    soalnya saya pengalaman pertama hadi guru pak…
    mohon bantuannya tentang modul-modul multimedia

  84. hai pak lam kenal!
    pak boleh minta materi tetang video pa g, ya soalna baru jd guru ne jd blm paham tentang itu!
    ya klo boleh,d tgg ya pa materina d emailq!
    makasih sblmna pak.

  85. salam kenal pak yahya,
    saya guru di smk yang juga membuka jurusan multimedia, saya bingung dengan SKKD yang terbaru, karena banyak ketidak cocokan dengan UN tahun kemarin, terutama untuk SK storyboard dan pheriperal perekam gambar.
    kalau ada tutorialnya saya boleh minta ?
    makasih pak yahya…
    sukses terus… dan kita sukseskan dunia multi media di negri ini.

  86. trimakasih buat web ini pak…
    salam kenal…
    pk..sy minta tolong kirimkan rpp dan silabus tentang HTML dan dreaweaver untuk saya gunakan SMK MULTIMEDIA Kelas X ..Saya minta tolong ya pk ke email saya..Cinaga_4rever@yahoo.com
    Sebelumnya tx a lot ya sr…

  87. Pak Yahya, saya mengucapkan banyak terima kasih atas materi untuk jurusan multimedia dan saya tunggu informasi-informasi yang lain …

  88. Asslm,
    Salam Kenal pak. saya guru SMK yang baru ngajar di tempat saya. saya mohon bantuan nya untuk kurikulum untuk kelas X Multimedia, serta apa2 ja program yang seharusnya digunakan. msalahnya di SMK saya baru saja dibuka untuk program jursan Multimedia. sebelumnya saya ma kasih banyak atas bantuannya.

  89. pak saya mnta silabus+RPP dan materi 072.KK.10 Menggabungkan teks ke dalam sajian multimedia

  90. salam kenal pak Yahya..
    SMK saya (smkn 1 cangkringan) sleman DIY mau buka jur multimedia nih..
    mohon share ttg kebutuhan jurusan mulmed termasuk sarana prasarana lab dan pendukungnya..
    trimakasih

  91. Assalamu’alaikum
    pertama-tama saya ucapkan terimakasih kepada pak kurnia, atas pencerahan yang lengkap di forum ini.
    salam kenal dari kami, saya juga guru multi media baru SMK.
    sekian Wassalamu’alaikum Wr Wb

Leave a reply to Joe Cancel reply