Perpustakaan Gratis Senayan Library

Senayan Library adalah  software perpustakaan yang bagus untuk diterapkan baik di sekolah maupun persewaan buku. Software gratis ini memiliki fasilitas katalog buku, manajemen simpan pinjam, daftar anggota, sirkulasi, reports dan barcode support. Kebutuhan minimal yaitu komp PIII, Ram 128 dengan OS Linux / windows, Local Server dan Web Browser.

Senayan Library di produksi oleh PIH Depdiknas RI dengan developer Arie Nugraha dan Hendro Wicaksono

Tertarik?  kunjungi segera http://senayan.diknas.go.id

76 Responses

  1. Thanks for your info..

  2. wah free boleh juga.
    tapi klo untuk dijual boleh ga? maksudnya di jual keperpustakaan? yg mungkin bukan dijual ya, istilahnya untuk jasa instalasi di komputer perpustakaan?

  3. Jasa Instalasi boleh, tapi kalo ngaku2 yang bikin yang gak boleh.. pastikin Lisensi GNU/GPL gak disalahgunakan..🙂

  4. nice post gan ….

  5. saya sudah kapok pake software perpustakaan free, soalnya 2 ribu data yang sudah dientri di program tersebut hilang tanpa sebab.

  6. Saya pakai free library softaware juga, udah 3 tahun berjalan, tp ga ada masalah. biar data ga hilang harus ada backup dunk, simpan di software n hardware dunk (DVD).
    Data saya udah nyampe 12.000 loh, fine-fine juga koq

  7. Iya… backup berkala, kalo perlu di CDkan

  8. Halo semua..tolong dong dikirim ke email aku free software perpustakaan itu…saya butuh banget neh..please ya..ini emailku ronik_08@yahoo.com

  9. met pagi, siang dan malam. sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih.saya sedang membutuhkan software perpustakaan, barangkali saya diberikesempatan untuk menggunakan software bapak.tolong kirimkan softwarenya ke email saya. makasih….

  10. @ Yoyo : Silahkan kunjungi langsung di :
    http://senayan.diknas.go.id/web/
    atau langsung download di Senayan 3 Stable 7
    Software tersebut adalah Freeware Opecen soure buatan dari Tim developer Diknas
    Hendro Wicaksono & Arie Nugraha
    Saya hanya tukang mengaplikasikan & menyampaikan saja.
    thanks

  11. good

  12. pak, nginstal nya gak mudenk….. masih gaptek!
    ada bahasa yang lebih mudah dipahami gak ya instal dari awal sampe akhir????
    eman-eman udah download tapi gak kepake…..
    tengkyu!!

  13. met kenal aja om..tolong kirim dong software senayannya ke e-mail/blog gue..buat ganti software yg ada..ok om

  14. tolong kirim ke e-mail ku ya ok

  15. @ Erwin : Silahkan unduh langsung di :
    http://senayan.diknas.go.id/web/
    Thanks..
    @cheetoz_fosa : mas harus memiliki 2 aplikasi lagi, saya biasa menggunakan 7zip (utk mengekstrak) dan Appserv (untuk localhost)
    Silahkan ikuti petunjuk di situs senayan (link diatas)
    Thanks..

  16. saya Najmudin, guru SDN 02 Kepatihan Kec. Wiradesa Kab. Pekalongan, yang mendapat tugas tambahan sebagai pengelola perpustakaan.
    saya ingin menggunakan software senayan library, tapi masih bingung untuk installnya. adakah dalam bentuk CD-nya? kalo ada bagaimana cara mendapatkannya?

  17. Saya kira tidak didistribusikan dalam CD, ukurannya kecil koq. Untuk instalasi terlebih dulu install Appserv atau sofware localserver yang lain.
    Selanjutnya ikuti petunjuk di bundle yang telah didownload.
    Selamat mencoba. Gampang koq..

  18. hi thks for software perpus nya yaa

  19. Salam kenal pak Kur, saya mau minta tolong. Saya updload senayan di internet tapi gagal terus. gimana caranya ya ? padahal apanya yang harus di ubah ?
    tk

  20. Yang pertama, bikin database di host, import data base-nya dari db lokal kita baru kemudian pastikan koneksinya bener termasuk path, host, db dan password…

  21. lam kenal sy uum sudrajat
    senayan kan ada portablenya gimana cara menjalankannya?
    dulu saya udah pernah pake senayan tapi setelah saya instal anti virus malah gabisa di buka apachenya, yang keluar dari apacenya
    Please close this command only for Shutdown
    Apache 2 is starting …
    The system cannot find the path specified.
    Apache could not be started
    Press any key to continue . . .
    makasih ………..

  22. Saya pernah mengalaminya, file2 exe (termasuk file pendukung localserver) telah terinfeksi virus, dan antivirus menghapusnya. Untuk portable ikuti aja petunjuk langsung dari mpu-nya.. sudah termasuk xampplite.. lebih mudah.

  23. mas saya udah instal senyan3 nya.saya pengen belajar kebetulan ada tugas kuliah disuruh buat akses katalog berbasis wap menggunakan hp menggunakan bahasa pemprograman PHP.Mas punya contohnya gk untuk akses katalog perpus berbasis wap untuk dihubungkan ke web nya

  24. Waduh mas, saya belum sampe kesitu… maaf,
    pernah saya cari artikel juga bagaimana men-generate php ke wap secara otomatis.. pernah ketemu sih, namun saya masih belum tahu apakah itu sudah ada apa masih dlm tahap men-develope.
    Jika untuk pemenuhan katalog saja, mas Ahmad bisa ambil query dari db-nya aja,
    Tutorial ada di :
    http://files.getdropbox.com/u/320852/Unisla/Pemrograman-WAP-dengan-PHP-dan-MySQL.pdf

  25. Lam kenal Pak Kurnia, nebeng nih. Kalau ada temen-temen yang gagal install senayan bisa kirim email ke aprahardi@gmail.com. syukur-syukur kalau perpustakaannya sudah konek internet. yach moga-moga aja sih saya bisa membantu. Terima kasih Pak Kur.

  26. honestly saya lagi buth banget sofware untuk perpustakaan sekolah yang baru aja di buka…
    tapi kok saya rada bingung c saya nginstalnya?
    ada yang bisa bantu g, nerangin step by stepnya gitu?
    thanx a lot b4!!!
    Gb

  27. @ Sophia : Instalasi dan kebutuhan bisa anda dapatkan di :
    http://senayan.diknas.go.id/web/?q=node/2
    kalo kesulitan bisa pake yang portable, langsung jalan..
    http://senayan.diknas.go.id/web/?q=node/1
    Dan pak Agus ini juga bersedia kita ajak sharing, Terima kasih banyak…

  28. ni saya santoso …
    pustakawan dSekolah SMA Warga Surakarta..
    tolong pak saya dikirimi sofware perpustakaan senayan …
    kirim kemail saya ya pak…
    makasih bantuanya sebelumnya…
    sekalian cara penggunaannya sofware tersebut..

  29. ni saya santoso …
    pustakawan dSekolah SMA Warga Surakarta..
    tolong pak saya dikirimi sofware perpustakaan senayan …
    kirim kemail saya ya pak…
    makasih bantuanya sebelumnya…
    sekalian cara penggunaannya sofware tersebut..

  30. @ Santoso : bpk bisa ikuti petunjuk comment diatas. Dicoba dulu pak… pasti bisa…!!!

  31. salam…
    kalo kita pake yang portable, database nya bakalan aman ga? makasih

  32. Belum pernah nge-test pak.. kemungkinan seperti pada umumnya,.. back-up reguler menjadi pilihan kebanyakan pengelola aplikasi web based

  33. met kenalbpk. di skolah saya pke senayan3stabel 9. yang mo saya tanyakan bagaimana menampilkan opacnya di komp lain

  34. Tinggal dipanggil nama atau IP komputer server + direktori senayan-nya melalui browser.

  35. Saya belum mendapatkan informasi penuh dari sofware senayan ini, apakah sofware senayan ini sama dengan sofware perpustakaan atheneum 12 dan apa kelebihan dari soofware senayan ini dan apakah baik bila sofware ini digunakan pada perpustakaan sekolah dasar????? terus bagaimana mengaflikasikannya pada dunia maya (internet); mohon saran dan petunjuknya terimakasih….!!!!!!

  36. atheneum 12 saya belum pernah lihat,
    kalo senayan gratis, didukung diknas lagi..
    untuk SD saya rasa juga bisa, namun interface gak cocok buat anak kecil..
    Untuk di dunia maya, tinggal diupload dan disesuaikan config dan db-nya

  37. bagi bapak-bapak / rekan-rekan yang menginkan bantuan instalasi diglib senayan ini, kami dari KOSLA siap membantu hingga tahap implementasi. (khusus Lamongan saja ya… :D)

  38. softwarenya dibikin pake apa ??
    kalo pake vb or delphi, leh ga minta sourcecode nya ?
    hehehe…

  39. softwarenya dibikin pake apa ??
    kalo pake vb or delphi, leh ga minta sourcecode nya ?
    hehehe…

  40. Ini yang bikin : http://senayan.diknas.go.id
    Saya hanya re-publish n review. code pake php, n jika pingin bikin turunan, mintalah ijin dulu ke yang bikin.

  41. Senayan itu open source, silahkan akses di url yang sudah disebut-sebut diatas, silahkan dioprek source codenya dan dimodifikasi sesuai dengan keinginan bila masih ada error/bug atau bisa melaporkan temuan bug/erro tersebut agar dapat diperbaiki untuk dikeluarkan release/versi yang lebih baru.
    pengalaman saya menggunakan senayan, program ini cuku bagus, instalasinya cukup mudah. sebagai program open source bukan ditujukan untuk comercial maka secara tampilan mungkin kurang menarik, namun dengan sifatnya yang open source kita bisa melakukan modifikasi tampilan/template dengan mudah bahwkan mengubah beberapa feature/fungsi yang tidak berfungsi sesuai dengan harapan.

  42. Contoh Feature yang saya tambahkan, fungsi presensi di halaman OPAC, sehingga apabila di ruang perpustakaannya ada komputer yang daapt mengakses halamanOPAC senayan, maka dapat berfungsi juga sebagai presensi pengunjung yng hasilnya langsung dapat ditampilan dalam statistik pengunjung.
    bila presensi ini diakses dari luar maka akan ada peringatan tidak bisa diakses karena dibatasi hanya IP tertentu saja yang bisa akses yaitu IP yang ada di lingkungan perpustakaan.
    itu salah satu kelebihan menggunakan open source, yaitu bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan🙂
    salam,

  43. bisa dikirim tutorial install pake’ xampplite, aq dh coba bolak balik dk berhasil, kalo bisa kirim ke email q y pak kurnia yahya : sujarwosmak@yahoo.co.id

  44. Pagi mas Kurnia, saya pengguna software Senayan stable.12 . Saya kalau masuk login selalu ada file pertama muncul ” letak program mysqldump tidak ditemukan ”
    bagaiman cara menghilangkan file tersebut, dan dimana telaknya ?
    terima kasih atas bantuannya!

  45. Mas Kurnia, mohon bantuan nich.
    Saya sdh beberapa hari coba download software perpustakaan dari http://senayan.diknas.go.id tapi servernya selalu mati. Mohon solusinya mas bisa dapat software dari tempat lain atau mohon dikirim ke email saya rdhtrg@yahoo.com

  46. ah ga bisa dibuka….minta alamat lainnya donk buat download softwarenya

  47. pak tolong kirim software senayan dan panduannya ke email saya. sy sdg butuh bwt perpustakaan saya. terima kasih

  48. pak tlg tutorialnya, saya sudah sampai appserv open project. pas di klik phpmy admin database manager tidak bisa? tlg dikirim ke email saya trims…

  49. @Rudi : Sekarang sudah bisa atau download di mirror saya : http://dl.dropbox.com/u/320852/aku/senayan3-stable11.tar.gz
    @Aminah : Klik diatas juga.
    @ Juang : Kalo pake appserv, default user : root
    pass : password waktu nginstal (isi admin)

  50. Assalamu’alaikum semuanya..
    uda lama pak yahya saya ndak kunjung ke situs Bapak. Sekarang saya sudah menjadi besar dengan linux saya… alhamdulillah pak atas do’a bapak.
    BTW, saya sudah keluar dari sekolah saya mengajar dari SMK. Karena sekolahan yang dulu tempat saya mengajar tidak mau pindah (merasakan sedikit) ke FOSS dengan alasan gini gitu atau mungkin karena kebijaksanaan beliau-beliau. Hidup saya sekarang lebih hidup karena saya tidak terbebani dengan tugas (amanat) mengajarkan suatu hal yang tabu menurut saya (pembajakan) di lingkungan sekolah. Gitu saja pak yahya…
    Wassalamu’alaikum….
    ___Joe___

  51. kami dah lama pake senayan…tapi kok gak ada fasilitas untuk absensi pengunjung, kegiatan( pinjam, membaca atau mengembalikan), kami harap dalam stable yg akan datang bisa buat untuk acuan…terimakasih

  52. Assalamualikum..
    Saya User Senayan.12 dari Madiun..
    Sofywarene mmg terlihat great..tp saya belum paham masalah php, jadi otomatis penggunaan Senayan juga masih ribet.. Mungkin bisa bantu kasih “Cara Pemakaian” Senayan ini, jd ntar kerja bisa lancar.. Thank for All…

  53. salam kenal buat semua ayo akses katalog online Perpustakaan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh…tq senayan….http://www.pustakamrb.phpnet.us

  54. aslkm. mas kirimin sofware senayan donk ke email saya, soalnya saya udh sering downdload gagal terus. mksh

  55. Dari sekian software perpustakaan, saya selalu kecewa dengan tidak bisanya program2 itu mengentry duplikat yg banyak dalam sekali entry (misal, 1 judul 300 exemplar). Semoga Senayan segera menyediakan fasilitas tersebut, sebagaimana aplikasi Lib Guardian.

  56. mas saya sudah bisa mengon line kan senayan tapi ketika barcodenya tidak muncul,,,kenapa yah??mohon bantuanya thanx

  57. mas saya sudah bisa mengon line kan senayan tapi ketika online kenapa barcodenya tidak mau muncul,,,kenapa yah??mohon bantuanya thanx

  58. salam
    Saya sudah coba senayan, tetapi pasword untuk user admin, apa yah ??
    terimakasih atas bantuannya
    wahyu

  59. salam knal, mas saya mau tanya apakah senayan library yang portabel bisa dibuat online?
    klo bisa bagaimana caranya?
    terima kasih…

  60. Salam kenal Pak Kurnia,
    sedikit OOT, mohon informasi apakah kita diperbolehkan menscan dan mengupload keseluruhan isi buku dan kita beri tanda air “Milik Perpustakaan X tidak untuk digandakan” diseluruh halaman untuk menghindari pembajakan buku. Apakah langkah tersebut tidak melanggar hak cipta?
    Selama ini saya mengalami kendalal/ perang batin untuk masalah copyright ini. Di satu sisi saya ingin mempermudah akses bagi pengunjung saya untuk bisa menikmati isi buku dengan lebih cepat dan mudah, namun di sisi lain belum tahu aturan baku untuk mengupload isi buku ke web.
    Mohon pencerahan. Terima kasih.

  61. @ Puput ; maaf belum coba he..he..
    @ joeang : portable bisa, perbedaannya cuma instalasi saja. kalo upload tinggal sinkronkan dg db di server, sama kyk upload website
    @ imam ; tidak boleh pak, melanggar HAKI tuh, kecuali BSE.

  62. Haloo…Kalau program senayan ini suport nggak kalau windows nya pake Vista?/?entuk XAMPP nya pake ape??

  63. Haloo…Kalau program senayan ini suport nggak kalau windows nya pake Vista?/?entuk XAMPP nya pake ape??

  64. mas,.,.,.,.,
    saya mau mencoba download tapi link atau tautan downloadnya not found terus
    mohon bantuannya

  65. iya bener…saya udh cb berhari2 g bs terus, gmn donk mas ?? padahal saya butuh bngt….

  66. Silakan download trial gratis 20 hari untuk software perpustakaan, di http://www.dekadesoft.com.
    Terima kasih…

  67. assalamualaikum
    minta tolong minta sofware perpustakaaan yg open soure kirim ke email ini ya ? ict_channel@yahoo.com pake windows dari edi pustakawan pusda pati. terima kasih

  68. assalamualaikum.
    mas, saya baru download ni senayan…(terlembat banged ya pak)he..he..ane ada beberapa pertanyaan nich pak :
    1. paswud untuk login member yang ya pak? apakah paswud email nya?
    2. senayan ini memungkinkan gak kita untuk upload video, ms. office, sehingga bisa di unduh oleh warga sekolah.
    terima kasih pak. sebelumnya. Allah haviz pak.

  69. mav sebelumnya saya mau tanya mengenai cara instalasi online nya
    step by step y kk ?

  70. ass…alhamdulillah sy sudah down load tp cara oprasikannya gmn? thanks

  71. aslmkm pak tolong saya minta sofware perpustakaan bisa ga kami dr smk muhammadiyah majenang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: