Instalasi Senayan Library pada windows

  1. Terlebih dahulu anda harus memiliki server local seperti Appserv, PHP Triad atau Xampp. Pada proses berikut adalah menggunakan Appserv 2.5.9 for Windows yang terdiri dari :

· Apache Web Server Version 2.2.4,

· PHP Script Language Version 5.2.3

· MySQL Database Version 5.0.45

· phpMyAdmin Database Manager Version 2.10.2

Anda dapat mendownload Appserv di sini

  1. Install Appserv di direktori “C:\AppServ” . Pada saat proses instalasi masukkan user = “root” password = “admin”. User dan password ini digunakan untuk masuk ke phpMyAdmin.
  2. Ekstrak senayan3-stable7.tar.gz kedalam folder “C:\AppServ\www\senayan”
  3. Selanjutnya buka browser (IE atau Firefox) anda dan ketik “localhost” pada address bar.

  1. Pada localhost, pilih phpMyAdmin. Database Manager.
  2. Jika dimintai user dan password, Masukan user dan password yang anda gunakan saat proses instalasi
  3. Buatlah database baru dengan nama “senayan” pada text box Create new database kemudian klik create
  4. Klik tab import, kemudian browse file senayan.sql selanjutnya klik “go” untuk mengimpor tabel-tabel kedalam database senayan. File senayan.sql terdapat pada direktori “C:\AppServ\www\lib
  5. Pada windows explorer, bukalah file “C:\AppServ\www\lib\ sysconfig.inc.php”
  6. Editlah text pada baris 61-65 sebagai berikut :

define(‘DB_HOST’, ‘localhost’);

define(‘DB_PORT’, ‘3306’);

define(‘DB_NAME’, ‘senayan’);

define(‘DB_USERNAME’, ‘root’);

define(‘DB_PASSWORD’, ‘admin’);

 

Kemudian save dan tutuplah sysconfig.inc.php.
Buka kembali browser anda dan ketik “localhost/senayan”
Selamat datang di Senayan Library, pada Librarian Login, user = admin, Password = admin.

Download senayan3-stable7.tar.gz
http://senayan.diknas.go.id/download/senayan3-rc9.tar.gz

Download Appserv 2.5.9 for Windows
http://prdownloads.sourceforge.net/appserv/appserv-win32-2.5.9.exe?download

24 Responses

  1. Bagus….tapi kok repot banget cara mendonwloadnya,,,apa gue yang nggak tau ya

  2. pake 7-Zip untuk ekstrak-kompresi, gratis untuk segala cuaca.

  3. pak tugas senayannya itu cuman covernya saja ta

  4. Gaksemua buku harus pake cover.. tapi katanya mbak Lulus nanggung, so hajar bleh bukunya perpus..!!!

  5. URL di atas nggak aktif, ada nggak yang punya alamat lain yang nyediain aplikasi senayan lagi?Tolong dong bagi2 ama kita2…

  6. Salam kenal. Saya bekerja di perpustakaan salah satu SMA katolik di surabaya, baru2 ini saya mencoba untuk menginstall sofware senayan sesuai dengan ptunjuk2 yg ada. Tidak ada kesulitan yg brrarti, langkah2nya sngat mudah dan saya pun berhasil masuk ke halaman utama SEnayan dengan login administrator.
    Nah, smpai disinlah pertanyaan muncul….di halaman “HOME” tepatnya diatas icon gambar menu2, ada tulisan berwarna merah yg berbunyi demikian “Letak program mysqldump tidak ditemukan! Periksa kembali file konfigurasi aplikasi atau anda tidak dapat melakukan backup”.
    apakah itu berpengaruh pak? apa yg harus saya lakukan agar tulisan tersebut hilang?
    trima kasih.

  7. saya menginstallnya di windows, dengan menggunakan xampp 1.6.8 dan senayan stable 6. mohon pencerahannya, terima kasih.

  8. mas mo koreksi sedikit nih.
    bukannya file importnya di C:\AppServ\www\senayan\sql\install\ ???
    mohon pencerahan

  9. @Bobby hartanto : root directori Pada Xampp berbeda dg appser. Coba cari instalasi directori Xampp dan temukan home dir-nya
    @ wawan : Muncul versi senayan3-stable7.tar.gz. Mungkin ada sedikit perubahan. jadi perhatikan juga petunjuk installasi bawaan file tersebut.
    @ All : Maaf, untuk pengembangan versinya saya lambat mengikuti he..he.. kalo udah diterapkan jadi lupa berterima kasih ama pembuatnya he..he…
    contact me : kurnia_yahya@yahoo.com

  10. mas saya udah ngetes instal senayan sesuai denga artikkel mas…tapi gagal…mas mo nya file senayan_sql terdapat di senayan sql kalo lib gx da senayan_sql…mohon jawabannya

  11. sysconfig.inc.php terdapat di root directory,
    C:\localhost\folder-senayan\sysconfig.inc.php

  12. mas saya sudah berhasil instal senayan3_stable7…tapi datanya gx mau tersimpan distu keluar perintah seperti ne “the PATH for mysqldump program is not right! plase check configuration file or you wont be able to do any database backups.” tlg mas ya tq..mustafa dri ACEH

  13. Pak ijin download n baca.hee…..
    thanks.

  14. sekarang udah ada update senayan yang baru senayan3-stable8.tar.gz coba deh download di http://senayan.diknas.go.id

  15. @ Mustafa : Wah… sudah lancar neeh… sudah diterapkan dimana pak…? Jangan lupa berterima kasih pada pembuatnya…

  16. mas ini kan saya sudah buat databasenya di laptop kemudian saya coba buka di pc saya kan saya import ( berhasil), terus pada saat saya mau memerikan input data baru kok egk masuk ke data base kenapa ya???????

  17. Saya kira hanya masalah koneksi saja.. lanjuut teruus…

  18. ass. halo semuanya mohon bantuannya dengan amat ssangat, saya instalasi senayan tidak ada masalah lancar dan bisa di[anggil di bruser, ketika login ternyata masalah, username dan pasword dianggap salah, kira2 kesalahannya dimana ya padahal sudah sesuai degn tabel yg ada di database. saya sampe bengek nyarinya dah gitu skripnya agak susah di pelajari ya.. mohon bantuannya ya pleaseeee karena mau di aplikasikan, saya dah ikut seminar tpi ga ada hasilnya… temen2 bisa cek di http://www.thamrincileungsi.com/lib/. oya saya pake wampserver 2.0, saya tunggu jawabannyadi masyon77@gmail.com terima kasih amat sangat mengharapkan bantuannya neh…:(

  19. Mas saya mau install di windows itu bisa tidak mas ??

  20. mas, aku mau me-link kan SENAYAN kedalam website kantorku caranya gmana ya? bisa minta tolong jelasin step by stepnya ga? thanks

  21. saya mengalami hal yang sama dengan pak Yono.
    Buat Rekan2 yang sudah pakar/mahir menggunakan senayan mohon bantuannya

  22. Saya baru – baru ini mengalami mati listrik saat pengoperasian senayan. Ketika saya nyalakan lagi komputernya, ternyata ada error Table ‘item’ is marked as crashed and should be repaired pada bibliography. Setelah saya browsing dan mencari, saya menemukan penyelesaiannya. Saya menggunakan Xampp, pada browser ketik localhost, setelah itu pilih Tools phpmyadmin. Lalu pilih database senayan. Pada tampilan di sebelah kanan, pilih Table yang error, pada kejadian saya, yang error Table ‘item’ dan ‘system_log’ sehingga tidak bisa menambah data buku dan menyimpan back up. Centang table yang error, kemudian di bawah daftar table ada tulisan Check All / Uncheck All / Check tables having overhead dan with selected (harus diganti repair table). Setelah itu saya coba operasikan senayan lagi dan ternyata berhasil. Semoga pengalaman saya ini bisa membantu. Maaf. Terima kasih

  23. Cara mudah dan singkat mengatasi ERROR Table ‘…………’ is marked as crashed and should be repaired bisa langsung dilihat di http://windupurnomo.wordpress.com/2009/07/16/mengatasi-error-apache-xampp/ karena tulisannya lebih mudah dimengerti. Terima kasih

Leave a Reply

